Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Menkominfo: Paypal dan Steam Dibuka Usai Komunikasi dengan Kedubes AS

Selasa 02 Aug 2022 15:17 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Menkominfo berharap agar Paypal dan Steam dapat segera mendaftar PSE.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, normalisasi aplikasi Paypal dan Steam saat ini sudah dilakukan melalui komunikasi dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Johnny pun berharap kedua aplikasi tersebut dapat  segera melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) karena prosesnya yang sederhana.

“5 dari 7 PSE yang selama ini dibicarakan di masyarakat seperti Paypal dan Steam itu normalisasinya sudah dilakukan dengan asistensi dan komunikasi yang dilakukan oleh kedutaan besar Amerika. Mudah-mudahan pendaftarannya segera dilakukan karena pendaftarannya sangat sederhana,” ujar Johnny di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (2/8/2022).

Baca Juga

Lebih lanjut, Johnny menyebut, hingga kini masih ada dua PSE aplikasi game yang belum ditemukan. Karena itu, saat ini Kemenkominfo sedang melakukan pencarian sehingga dapat segera melakukan pendaftaran.

“Seperti misalnya Epic Games. Itu sedang dicari, mudah-mudahan juga segera ditemukan dan segera dilakukan pendaftaran,” kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Kominfo telah berhasil berkomunikasi dengan lima PSE yakni pengelola Yahoo, Paypal dan Valve Corp yakni Steam, CS GO, dan DOTA. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan akses terhadap keempat sistem elektronik tersebut pun dilakukan normalisasi mulai Selasa (2/8/2022).

“Akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini. Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut,” kata Semuel dalam siaran pers.

Selain itu, Semuel mengatakan, Kementerian Kominfo juga telah berhasil berkomunikasi dengan pihak Paypal. Pihak Paypal telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat.

Sementara, untuk Origin.com dan Epicgame belum ada update terbaru dari Kementerian Kominfo. Terakhir pada Senin (1/8/2022) dua PSE tersebut belum membalas komunikasi Kementerian Kominfo.

Origin.com dan Epicgames juga merupakan perusahaan asal Amerika Serikat. Kementerian Kominfo juga telah melakukan berbagai macam upaya untuk menjangkau PSE tersebut. Namun sampai saat ini, ketiganya juga tidak memberikan respon atas komunikasi dari Kementerian Kominfo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA