Senin 01 Aug 2022 14:40 WIB

Samantha Cristoforetti, Perempuan Eropa Pertama yang Lakukan Spacewalk

Cristoforetti melakukan spacewalk bersama kosmonaut Rusia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Astronaut Badan Antariksa Eropa Samantha Cristoforetti menjadi penjelajah ruang angkasa (spacewalker) wanita Eropa pertama pada Kamis (21/7/2022)
Foto: esa
Astronaut Badan Antariksa Eropa Samantha Cristoforetti menjadi penjelajah ruang angkasa (spacewalker) wanita Eropa pertama pada Kamis (21/7/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Astronaut Badan Antariksa Eropa (ESA) Samantha Cristoforetti menjadi penjelajah ruang angkasa (spacewalker) wanita Eropa pertama pada Kamis (21/7/2022). Dia menyelesaikan perjalanan ruang angkasa tujuh jam di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) bersama dengan kosmonaut Rusia Oleg Artemyev.

Ini juga pertama kalinya dalam hampir 25 tahun bahwa setiap orang Eropa berpartisipasi dalam spacewalk yang dioperasikan Rusia. Duo ini menghabiskan tujuh jam dan lima menit untuk mengonfigurasi lengan robot baru untuk segmen stasiun ruang angkasa Rusia, dan menyebarkan beberapa satelit kecil.

Baca Juga

Dilansir dari Space, Senin (1/8/2022), Cristoforetti bersama sesama astronaut ESA Alexander Gerst selama pelatihan, menggunakan pakaian antariksa Orlan buatan Rusia selama perjalanannya pada 21 Juli. Tidak seperti pakaian antariksa Extravehicular Mobility Unit Badan Antariksa Amerika (NASA), Orlan dirancang untuk digunakan di luar angkasa tanpa kembali ke tanah untuk diservis.

Pakaian Orlan menggunakan dua varian garis pada pakaian antariksa, untuk membedakan penjelajah antariksa satu sama lain. Perjalanan luar angkasa (spacewalks) biasanya disiarkan secara real time ke pengontrol misi di Moskow dan NASA, memungkinkan dukungan darat untuk membantu kru yang mengenakan pakaian antariksa dengan melihat dengan tepat apa yang dilihat kru, secara real time.

Cristoforetti bekerja sama dengan Artemyev dalam beberapa tugas spacewalk. Duo ini memasang platform sementara yang akan digunakan oleh European Robotic Arm (ERA) baru. Lengan dipasang pada spacewalk sebelumnya, tetapi membutuhkan beberapa pemeriksaan untuk dikonfigurasi.

ERA sepanjang 37 kaki (11 meter) akan lebih banyak peralatan dan ilmiah di sekitar segmen stasiun ruang angkasa Rusia. Selain mengerjakan bagian lengan, Artemyev dan Cristoforetti memasang adaptor muatan untuk modul Nauka. Adaptor ini dimaksudkan sebagai dukungan untuk alat dan muatan bagi kru yang melakukan perjalanan luar angkasa segmen Rusia di masa depan.

Bekerja di tengah pemandangan Bumi dan stasiun luar angkasa yang spektakuler, Cristoforetti dan rekan Rusianya juga fokus pada pelepasan 10 satelit nano dengan tangan. 

Ini adalah perjalanan luar angkasa keenam bagi Artemyev dan juga menandai perjalanan luar angkasa ISS keenam secara keseluruhan untuk 2022 sejauh ini. Secara keseluruhan, ISS telah memiliki 251 penjelajah ruang angkasa yang mendukung perakitan, peningkatan, dan pemeliharaan fasilitas yang mengorbit sejak 1998.

Sementara Cristoforetti adalah orang Eropa pertama yang mengenakan Orlan di ISS, tiga astronaut ESA telah melakukannya sebelumnya di bekas stasiun luar angkasa  Mir Soviet-Rusia: Jean-Loup Chrétien, Thomas Reiter dan Jean-Pierre Haigneré.

“Hanya dua kata: TERIMA KASIH! Terima kasih semua di Eropa, Moskow, Houston, dan @Space_Station,” tulis Cristoforetti melalui Twitter. “Terima kasih telah bekerja untuk mewujudkan ini, terima kasih atas pelatihan, perencanaan, dukungan waktu nyata, video dan gambar, kepercayaan dan dorongan. Itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement