Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gendon Latuperisa

Sering Salah Arti Berikut Perbedaan Earphone, Headset, Headphone, dan Handsfree

Teknologi | Monday, 01 Aug 2022, 09:26 WIB

Istilah Earphone, Headset, headphone dan Handsfree sudah tidak asing lagi. Perangkat ini menjadi sangat diperlukan untuk mendengarkan audio di smartphone atau laptop Anda. Perangkat ini sangat berguna ketika Anda ingin mendengar audio dari perangkat elektronik dengan jelas.

Perbedaan Earphone Headset headphone dan Handsfree

Namun disadari atau tidak, banyak orang yang sering salah paham jika menyebut perangkat elektronik yang memiliki kegunaan yang hampir sama. Headphone disebut headset dan sebaliknya. Baiklah, agar tidak salah, berikut perbedaan headphone, headphone, headphone, dan handsfree yang perlu Anda ketahui.

Earphone

Dilihat dari penggunaannya, Earphone tidak jauh berbeda dengan headphone. Namun eardphone ini memiliki bentuk yang kecil, sehingga dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Karena itu, earphone lebih sering digunakan untuk perangkat seluler.

Headset

Headset memiliki mikrofon tambahan yang dapat digunakan tidak hanya untuk mendengarkan tetapi juga untuk komunikasi. Headset digunakan untuk berkomunikasi melalui Skype, panggilan telepon atau panggilan video lainnya.

Headset dan headphone sering dipasang di PC atau laptop. Headset biasanya memiliki dua jack audio, jack input pertama sebagai mikrofon dan jack output kedua sebagai speaker.

Dalam praktiknya, headphone tidak jauh berbeda dengan headphone. Namun, headphone ini kecil dan mudah dibawa ke mana pun Anda pergi. Oleh karena itu, headphone lebih banyak digunakan di perangkat seluler.

Baca Juga Informasi ini: Rekomendasi Headset Bass Terbaik Untuk Musik Nonton atau Main Game

Headphone

Headphone adalah alat bantu dengar sederhana yang hanya bisa digunakan untuk mendengarkan, bukan untuk berkomunikasi. Secara umum, headphone didesain untuk suara saja, sehingga kualitas suaranya bagus, sehingga sangat cocok untuk Anda yang selalu mendengarkan musik.

Handsfree

Handsfree ini memiliki fitur tambahan seperti mikrofon dan tombol fungsi. Tombol fungsi ini memungkinkan pengguna untuk menambah atau mengurangi volume dan menjawab atau mengakhiri panggilan.

Ini bebas genggam di dasbor ponsel cerdas yang sama seperti yang selalu Anda miliki. Dengan kemajuan teknologi saat ini, ada banyak perangkat handsfree Bluetooth yang dapat Anda gunakan tanpa kabel yang menurut Anda akan menghalangi Anda. Namun sebenarnya headset dan handsfree ini hampir sama, sehingga banyak orang menyebut headset handsfree.

Ini berbeda dari empat yang hampir identik. Apakah Anda saat ini memiliki earphone, headset, headphone, atau handsfree? Jangan salah!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image