Senin 01 Aug 2022 09:29 WIB

Salimah Sulsel Gelar Tiga Kegiatan dalam Sehari

Pimpinan Wilayah Salimah Sulawesi Selatan menggelar 3 kegiatan sekaligus dalam sehari

Pimpinan Wilayah Salimah Sulawesi Selatan menggelar 3 kegiatan sekaligus dalam sehari.
Foto: istimewa
Pimpinan Wilayah Salimah Sulawesi Selatan menggelar 3 kegiatan sekaligus dalam sehari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Wilayah Salimah Sulawesi Selatan menggelar 3 kegiatan sekaligus dalam sehari. Diawali dengan kegiatan Salimah Talk dengan Tema Hijrah Pola Pengasuhan Anak  yang berlangsung dari pukul 09.00-11.30 Wita yang dilaksanakan secara online, hadir dalam acara tersebut Ketua PW Salimah Sulsel Aisyah Ilyas dan pengurus, Dan dua narasumber Wulansari Apriani (Ibu dari 8 anak ,praktisi positif parenting), Kuriniati Zainuddin (Dosen Fakultas Psikologi UNM), serta 80 peserta dari berbagai kalangan dan berasal dari berbagai daerah, Ahad (31/07/22).

Setelah rehat sekitar dua jam panitia kembali melanjutkan dua kegiatan berikutnya Festival Anak Lorong dan Semarak Muharram bersama Salimah. PW Salimah Sulsel menggandeng PD Salimah Kota Makassar dan IPPI (Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia) wilayah Sulsel untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda dan dalam waktu yang bersamaan yaitu dimulai pukul 13.00 - 15.30 Wita. 

Baca Juga

Festival Anak Lorong mengangkat tema Hadirkan Anak Berakhlak Mulia Menuju Indonesia Bermartabat, tempat kegiatan berlangsung di Jalan AR. Dg. Ngunjung No 26 Kota Makassar. Antusias anak-anak hadir kegiatan ini dimana mereka bertempat tinggal tak jauh dari tempat kegiatan, tercatat 70 orang anak berusia Balita hingga Usia SD kelas 6. Acara semakin meriah dengan  menghadirkan pendongeng asal makassar Kak Chairunnisa Latief. Anak-anak pun semakin antusias karena diajak bermain oleh kakak-kakak dari IPPI. Tidak hanya itu orang tua yang hadir juga diberi kesempatan untuk berkonsultasi terkait masalah yang dihadapi saat mendidik anak, masalah perkembangan anak dan lain-lain.

Acara Festival Anak Lorong ditutup dengan berbagi bingkisan menarik kepada anak-anak dan foto bersama.

Sedangkan kegiatan Semarak Muharram bersama Salimah dilaksanakan di Masjid Nurul Iman Lanraki kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, Dengan tema Tingkatkan Kualitas Diri untuk Membangun Negeri. Hadir dikegiatan ini Ketua PW Salimah Sulsel Aisyah Ilyas, pengurus Salimah,Ustadzah Susiawati yang menjadi Muwajih dalah kegiatan Muharram kali ini, serta 50 orang peserta ibu-ibu dari 3 Majelis Taklim ( MT Nurul Iman Lanraki, MT As Sakina Mangga 3, dan MT Ruqayyah Goa Ria). 

Acara dipandu oleh Andi Radiastuti selaku MC ,pembacaan ayat suci Alqur'an oleh Atma Netri , sambutan disampaikan langsung oleh ketua PW Salimah Sulsel Aisyah Ilyas, menyampaikan kegiatan muharram ini tidak hanya sebagai pengingat dan evaluasi tetapi juga momen ini sebagai perekat tali silaturrahmi antar sesama majelis taklim untuk bersama-sama dan bersinergi dengan salimah untuk melaksanakan program-program dan kegiatan salimah. 

"Salimah memiliki program unggulan, dan beberapa program tersebut Insyaa Allah kami dari PW Salimah sulsel dan juga PD kota Makassar siap untuk menularkan program dan kegiatan salimah kepada ibu-ibu anggota dan pengurus majelis Taklim yang hadir ditempat ini dan harapannya seluruh MT yang ada dikota Makassar, sehingga keberadaan Salimah terasa kebermanfaatannya," kata Aisyah.

Kemudian dilanjutkan dengan acara inti taujih Muharram yang disampaikan oleh Ustadzah Susiawati, dalam taujihnya beliau mengingatkan kepada hadirin yang hadir tentang bulan Muharram. Dimana bulan ini adalah bulan yang  sangat istimewah selain bulan Ramadhan. Bulan Muharram adalah bulan haram diantara empat bulan yang lain yaitu bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.Pada bulan-bulan ini, masyarakat Arab dilarang berperang karena disucikannya keempat bulan tersebut. Oleh karena itu, ia juga dinamakan Syahrullah Asham, yang artinya Bulan Allah yang Sunyi karena larangan berperang.

"Dibulan Muharram 1444 Hijriah adalah momen kita para muslimah untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri kita, harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, kalau tidak ada peningkatan kita termasuk orang merugi, atau sebaliknya semakin buruk dari tahun sebelumnya maka termasuk orang yang celaka," lanjut Susi.

"Salah satu cara kita meningkatkan kualitas diri yaitu, semakin bersemangat hadir dalam majelis ilmu, semakin bersemangat membaca Al Qur'an, serta senantiasa selalu memperbaiki Sholat dan selalu bersalawat kepada Rasulullah Saw," tutup Susi.

Acara ditutup dengan bagi-bagi doorprize, ibu-ibu yang beruntung yang mampu menjawab pertanyaan dari MC. Kemudian terakhir  foto bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement