Ahad 31 Jul 2022 19:27 WIB

Kunjungi Politeknik Penerbangan, Menhub Ingatkan Mahasiswa Agar Multitalenta

Menhub sebut Merdeka Belajar dorong mahasiwa bisa miliki skill lebih dari satu

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta sumber daya manusia (SDM) perhubungan terus menggali dan mengembangkan potensi diri guna menjadi sosok multi-talenta.
Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta sumber daya manusia (SDM) perhubungan terus menggali dan mengembangkan potensi diri guna menjadi sosok multi-talenta.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta sumber daya manusia (SDM) perhubungan terus menggali dan mengembangkan potensi diri guna menjadi sosok multi-talenta.

"Saya secara khusus datang ke sini karena melihat adik-adik ini penuh potensi yang luar biasa. Kita harus memberikan kesempatan mereka dengan baik untuk bisa terus mengembangkan potensi yang dimiliki," ucap Budi dalam kunjungannya ke Politeknik Penerbangan Indonesia Curug (PPIC) di Tangerang, Banten, Ahad (30/7/2022).

Ia mengatakan sesuai visi misi Presiden Joko Widodo yang menganjurkan Merdeka Belajar untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda ataupun mahasiswa memiliki talenta/keahlian lebih dari satu.

"Apalagi Presiden menganjurkan kita untuk melakukan merdeka belajar, sebagai upaya memberikan kesempatan pada para mahasiswa," katanya.

Dengan talenta yang lebih bervariasi, ia pun berharap SDM perhubungan di Indonesia dapat mendukung peningkatan konektivitas sesuai yang diharapkan."Di samping itu dapat memenangkan persaingan dengan SDM di skala internasional," ujarnya.

Ia mencontohkan kepada para siswa/i taruna di PPI Curug, bahwa ada seorang istri pilot yang tidak berpuas diri dengan penghasilan sang suami, sehingga dirinya mengelola uangnya untuk dijadikan usaha kargo. Yang kini, usaha tersebut sudah meraup omzet hingga Rp 1 triliun per tahunnya.

"Kalian juga harus punya mimpi, wujudkan mimpi itu, fokus belajar dan memperbanyak kemampuan soft skill lain," tutur Menhub.

Dalam kesempatan itu, Menhub Budi juga melakukan peninjauan hanggar atau tempat penyimpanan pesawat di Bandar Udara BudiartoCurug, dimana tempat tersebut akan dikembangkan sebagai angkutan kargo dan maintenance repair and overhaul (MRO) yang bekerja sama dengan pihak swasta.

Menhub menjelaskan di tengah keterbatasan APBN Kemenhub terus melakukan kreasi keuangan dengan melakukan kerja sama dengan pihak swasta."Saya harapkan MRO yang akan dilakukan bisa menambah pemasukan bagi negara. Yang tidak kalah penting bisa memberikan kesempatan kerja yang lebih banyak bagi adik-adik dan orang sekitar," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement