Sabtu 30 Jul 2022 20:53 WIB

6 Makanan yang Harus Dikonsumsi Agar Gigi Sehat 

Kesehatan gigi selalu berhubungan dengan apa yang Anda makan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Gigi kuat dan sehat (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Gigi kuat dan sehat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berbicara tentang kesehatan gigi Anda, semua itu berhubungan dengan apa yang Anda makan. Makanan manis, seperti permen dan minuman bersoda, menyebabkan kerusakan gigi.  

Diet sehat penting untuk kesehatan mulut yang baik. Nutrisi memiliki efek langsung pada gigi dan gusi Anda. Nutrisi yang buruk dapat menyebabkan kerusakan gigi, gigi berlubang dan penyakit gusi.  

Baca Juga

Dilansir dari foodndtv pada Sabtu (30/7/2022), Anda dapat menggunakan daftar makanan sehat untuk meningkatkan diet Anda dan kesehatan kesehatan mulut Anda.

Berikut enam makanan yang harus dikonsumsi agar gigi sehat yaitu:

1. Keju

Sebuah survei menginterpretasikan bahwa mengonsumsi keju meningkatkan pH di mulut dan menurunkan risiko kerusakan gigi. Dipercaya bahwa mengunyah keju meningkatkan air liur di mulut. Keju juga mengandung kalsium dan protein, nutrisi yang memberi kekuatan pada gigi.

2. Sayuran Daun Hijau

Sayuran kaya akan vitamin dan mineral sementara rendah kalori.  Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam juga meningkatkan kesehatan mulut. Keduanya tinggi kalsium, yang menciptakan enamel pada gigi Anda.

3. Apel

Dokter biasanya menyarankan untuk menghindari sebagian besar makanan manis. Namun, ada beberapa pengecualian.  

Buah-buahan, seperti apel, mungkin manis, tetapi juga memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Makan apel menghasilkan air liur di mulut Anda, yang membilas bakteri dan biji-bijian makanan. Buah yang berserat juga meningkatkan kesehatan gusi.  

4. Yogurt

Mirip dengan keju, yoghurt kaya akan kalsium dan protein, yang menjadikannya pilihan ideal untuk kekuatan dan kesehatan gigi Anda.  Probiotik, atau bakteri bermanfaat, yang ditemukan dalam yoghurt juga bermanfaat bagi gusi Anda karena bakteri baik membilas bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Jika Anda memilih untuk menambahkan lebih banyak yoghurt ke dalam makanan Anda, lebih baik pilih jenis yoghurt yang polos tanpa tambahan gula.

5. Wortel

Seperti apel, wortel juga renyah dan kaya serat.  Makan beberapa wortel mentah setelah setiap makan meningkatkan produksi air liur di mulut Anda, yang mengurangi ancaman gigi berlubang.  

Selain kaya akan serat, wortel merupakan sumber vitamin A yang cukup banyak. Tambahkan salad dengan beberapa potong wortel mentah atau nikmati wortel bayi sendiri.

6. Almond

Almond bermanfaat untuk gigi Anda karena merupakan sumber kalsium dan protein yang baik sementara rendah gula.  Nikmati segenggam almond dengan makan siang Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement