Sabtu 30 Jul 2022 09:27 WIB

Ilham Habibie Nilai Edutech Seperti Pijar Belajar Kembangkan Kompetensi Siswa 

Platform yang disediakan edutech juga akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi.

Penganugerahan Piala Hasri Ainun Habibie 2022 hasil kerjasama Orbit 360 dengan Pijar Belajar di gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, belum lama ini.
Foto: Istimewa
Penganugerahan Piala Hasri Ainun Habibie 2022 hasil kerjasama Orbit 360 dengan Pijar Belajar di gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Edutech dinilai bisa membantu meningkatkan kompetensi belajar siswa. Sebab, siswa bisa lebih mudah memahami materi pelajaran yang diberikan guru. 

Menurut Cofounder Orbit360 Ilham Akbar Habibie, hal ini terjadi karena materi pembelajaran yang ada di platform edutech biasanya dikemas dalam bentuk video yang menarik. Sehingga, siswa menjadi lebih semangat belajar dan mudah memahami materi pelajaran. 

"Untuk guru, platform yang disediakan edutech juga tentunya akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi yang terasa sulit dilakukan jika dijelaskan secara langsung kepada siswa," ujar Ilham dalam acara penganugerahan Piala Hasri Ainun Habibie 2022 hasil kerjasama Orbit 360 dengan Pijar Belajar di gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, belum lama ini.

Acara tersebut merupakan puncak dari rangkaian acara ORBIT ONLIMPIADE Piala Hasri Ainun Habibie 2022 yang sudah berlangsung sejak 17 - 31 Mei 2022. Acara penghargaan dibuka talkshow yang selain menghadirkan pembicara Ilham Akbar Habibie, juga hadir Dr Munir Subagya selaku wakil sekjen PGRI. 

Di awal pembukaan acara penganugerahan piala Hasri Ainun Habibie, disampaikan ORBIT ONLIMPIADE 2022 tidak bisa terlaksana tanpa adanya dukungan sponsor yang sangat besar. Salah satu sponsor yang selalu setia mendukung setiap kegiatan Orbit360 adalah Pijar Belajar. Pijar Belajar merupakan platform terkemuka di Indonesia kreasi PT Telkom yang telah digunakan oleh ratusan siswa yang ada di seluruh Indonesia.  

Ilham Akbar Habibir mengatakan, pihaknya berharap bahwa ke depannya sekolah-sekolah yang ada di Indonesia tetap mengombinasikan sistem belajar online menggunakan platform edutech dan sekolah tatap muka langsung secara bersamaan. Karena, pada dasarnya orang Indonesia memiliki budaya komunal atau suka berkelompok. Jadi, ada kalanya siswa bisa lebih mudah materi pelajaran jika ada guru dan teman-teman di sekolah. 

Pijar Belajar sendiri adalah aplikasi yang dirancang untuk siswa agar mendapatkan suplemen pembelajaran di sekolah yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu. Aplikasi Pijar Belajar dilengkapi beragam fitur unggulan yang dapat digunakan siswa dalam proses belajar lebih mudah dan lebih menarik. 

Selain itu, menariknya lagi Pijar Belajar memiliki fitur latihan soal yang berbentuk seperti game di handphone. Jadi, pengguna akan mendapatkan banyak ilmu tanpa merasa terbebani sama sekali. 

Pijar Belajar merupakan bagian dari Leap Telkom Digital, umbrella brand produk, dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement