Jumat 29 Jul 2022 21:15 WIB

Kolombia dan Venezuela akan Kembali Jalin Hubungan Diplomatik

Kedua negara akan menunjuk duta besar baru dan meningkatkan keamanan di perbatasan

Kolombia dan Venezuela akan menjalin hubungan kembali setelah bertahun-tahun terhenti
Kolombia dan Venezuela akan menjalin hubungan kembali setelah bertahun-tahun terhenti

REPUBLIKA.CO.ID., BOGOTA -- Kolombia dan Venezuela akan menjalin hubungan kembali setelah bertahun-tahun terhenti, ungkap menteri luar negeri kedua negara pada Kamis (28/7/2022).

Menteri Luar Negeri Kolombia Alvaro Leyva bertemu dengan timpalannya dari Venezuela Carlos Faria di negara bagian Tachira, Venezuela.

Mereka mengumumkan dalam deklarasi bersama pada 7 Agustus, Presiden Kolombia yang baru terpilih Gustavo Petro akan menunjuk duta besar baru dan kedutaan akan dibuka kembali.

“Meninjau semua masalah kepentingan dua negara untuk kebahagiaan kedua rakyat kita,” kata Leyva, membaca dari pernyataan yang ditandatanganinya danaria.

Pemerintah juga akan "meningkatkan keamanan dan perdamaian" di perbatasan.

Sebelumnya, Petro mengumumkan bahwa pemerintahnya akan berusaha untuk membangun kembali saluran komunikasi dengan Presiden Venezuela Nicolas Maduro, sebuah langkah yang mewakili titik balik dalam hubungan bilateral kedua negara.

Sejak Presiden Ivan Duque pada 2018, Kolombia mendukung pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido dan upayanya untuk menggulingkan Maduro yang memutuskan hubungan dengan negara tetangga dan memutuskan diplomat dari wilayahnya.

Perbatasan kedua negara ditutup pada 2019 setelah pemerintah Venezuela memblokir jembatan internasional Simon Bolivar.

Beberapa jam setelah pemilihan, Petro mengumumkan telah berbicara dengan pemerintah Maduro dan berharap untuk menjalin hubungan dengan Venezuela.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/kolombia-dan-venezuela-akan-kembali-jalin-hubungan-diplomatik/2648402
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement