Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

 Tiga Cara Menghasilkan Uang Tambahan saat Pandemi Covid-19

Jumat 29 Jul 2022 00:59 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Karyawan melayani nasabah bank. ilustrasi. Memiliki pekerjaan sampingan bisa hasilkan uang tambahan termasuk agen perbankan

Karyawan melayani nasabah bank. ilustrasi. Memiliki pekerjaan sampingan bisa hasilkan uang tambahan termasuk agen perbankan

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Memiliki pekerjaan sampingan bisa hasilkan uang tambahan termasuk agen perbankan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Kementerian Ketenagakerjaan mencatat sebanyak 29,4 juta orang di Indonesia merasakan dampak dari pandemi Covid-19, terutama dari sisi finansial. Adapun kondisi Pandemi Covid-19 juga membuat masyarakat semakin menyadari pentingnya kebutuhan memiliki dana darurat. 

Dana darurat biasa didapat dari menyisihkan sebagian dari penghasilan utama seseorang. Namun, tingginya biaya kebutuhan sehari-hari masih sering menjadi penghalang bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan ini. 

Kondisi inilah yang mendorong banyak masyarakat berpikir kreatif dan mengupayakan pekerjaan sampingan, untuk memiliki penghasilan tambahan. Memiliki pekerjaan sampingan memberikan banyak keuntungan lebih bagi mereka yang menjalankannya. 

Pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari mereka yang memang sudah bekerja, sampai ke mereka yang baru lulus kuliah, bahkan ibu rumah tangga. 

Berikut ini beberapa contoh pekerjaan sampingan mudah yang cukup berpotensi dan menghasilkan dan tidak diperlukan pendidikan tinggi dapat dijalankan antara lain

1. Membuka Katering Rumahan

Bagi kalian ibu rumah tangga atau pekerja rumahan, jika kalian memiliki resep spesial ataupun resep turun temurun, kalian dapat membuka usaha katering rumahan atau melayani pesanan katering secara online. 

Hal ini banyak dilakukan oleh sebagian besar ibu-ibu di Indonesia karena selain menekuni hobi yang mereka senangi, mereka dapat menghasilkan uang tambahan dengan cara yang menyenangkan.

Mengerjakan bisnis katering rumahan tentu diperlukan kemampuan memasak yang besar, namun kalian tidak perlu memiliki pendidikan tinggi untuk menekuni profesi ini. Kalian hanya perlu memastikan kalian memiliki kapasitas memasak yang besar dan tentunya, pastikan koneksi serta kreatifitas kalian selalu berkembang, sehingga bisnis yang kalian jalankan dapat terus memberikan penghasilan tambahan.

2. Menawarkan Jasa Freelance

Setiap kalian pasti memiliki keahlian khusus yang berawal dari hobi seperti keahlian dalam bidang translator, copywriter, editor, designer, photo/ videografer dan masih banyak lagi. Keahlian ini dapat menjadi modal bagi kalian untuk memiliki penghasilan tambahan kemudian hari. Banyak dari perusahaan atau institusi yang membutuhkan jasa freelance bidang-bidang ini, tentunya hal ini dapat kalian kerjakan tengah-tengah waktu luang yang kalian miliki.

Kelebihan lain dari menggeluti keahlian ini adalah kalian telah memiliki pengetahuan dasar yang dibutuhkan dan kalian tidak perlu memiliki pendidikan yang tinggi untuk menjadi ahli dalam bidangnya. Cukup ketekunan dan koneksi yang kuat, kalian dapat menjadikan hobi ini sebagai sumber keuangan yang besar kemudian hari.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA