Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Pelatih tidak Mau PSM Terbawa Ritme Permainan Bali United

Kamis 28 Jul 2022 21:52 WIB

Red: Israr Itah

Sejumlah pesepak bola PSM Makassar melakukan sesi latihan (ilustrasi). PSM akan menghadapi Bali United pada laga pekan kedua Liga 1, Jumat (29/7/2022).

Sejumlah pesepak bola PSM Makassar melakukan sesi latihan (ilustrasi). PSM akan menghadapi Bali United pada laga pekan kedua Liga 1, Jumat (29/7/2022).

Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
PSM ingin menerapkan gaya permainannya melawan Bali United.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares menyatakan dia tidak mau para pemainnya terseret ritme permainan Bali United ketika kedua tim bertemu dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Gelora B.J. Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (29/7/2022).

"Saya butuh tim saya bermain sesuai apa yang kami mau di pertandingan, bukan mengikuti taktik Bali," kata Tavares dalam jumpa pers pralaga di Parepare, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga

Oleh karena itu, juru taktik asal Portugal itu menyatakan tidak akan menginstruksikan pemain PSM melakukan pola pertahanan perorangan atau man to man sepanjang pertandingan kecuali di situasi bola mati.

"Saya hanya akan memberi instruksi man to man saat set pieces, tetapi untuk man to man pertandingan tidak akan terjadi, karena kalau hanya menugaskan satu orang ke satu orang kami (hanya) akan bermain mengikuti mereka," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Tavares menilai pertandingan melawan Bali United bakal menjadi laga yang tidak mudah, mengingat tim besutan Stefano 'Teco' Cugura itu berstatus juara Liga 1 dua musim beruntun. Ia juga menyoroti bahwa Bali United mendapat keuntungan tampil dengan lima pemain asing, meski salah satunya telah melalui proses naturalisasi.

"Bali United akan menjadi tantangan besar karena kami melawan juara musim lalu. Mereka juga akan bermain dengan lima pemain asing, meskipun salah satu di antaranya telah melalui proses naturalisasi," kata Tavares.

Lima pemain yang dimaksud oleh Tavares adalah Brwa Hekmat Nouri, Eber Bessa, Jean Befolo Mbarga, Willian Silva Costa Pacheco, dan Ilija Spasojevic. Spasojevic sejak 2017 lalu telah berstatus WNI.

Walaupun demikian, ia optimistis tim asuhannya bakal bermain bagus pada laga kedua Liga 1 2022-23. Sebab pemain-pemain PSM telah mengetahui gaya dan kekuatan pemain Bali United.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga meminta dukungan suporter PSM untuk memenuhi Stadion Gelora B. J. Habibie mendukung langsung para pemain sekaligus menciptakan atmosfer yang dapat menekan tim tamu di kandang sendiri. "Saya harap atmosfer di lapangan, di stadion akan bagus, dan suporter selalu mendukung kami," kata Tavares.

PSM mengawali musim ini dengan kemenangan 2-1 atas PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (23/7) pekan lalu, dan saat ini menempati posisi kelima klasemen sementara Liga 1 dengan raihan tiga poin.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA