Kamis 28 Jul 2022 05:40 WIB

Perasaan Jamaah Haji yang Tanazul: Senang dan Ikhlas

Proses kepulangan jamaah haji tanazul masih dilakukan.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Proses kepulangan jamaah sakit melalui mekanisme tanazul evakuasi terus berlangsung di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah. Pada selasa (26/7/2022) pagi pukul 06.30 waktu arab saudi (WAS), lima ambulans membawa 5 jamaah haji sakit dan lima pendampingnya untuk Tanazul Evakuasi yang berasal dari kloter SOC dan SUB.
Foto: Republika/ali yusuf
Proses kepulangan jamaah sakit melalui mekanisme tanazul evakuasi terus berlangsung di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah. Pada selasa (26/7/2022) pagi pukul 06.30 waktu arab saudi (WAS), lima ambulans membawa 5 jamaah haji sakit dan lima pendampingnya untuk Tanazul Evakuasi yang berasal dari kloter SOC dan SUB.

IHRAM.CO.ID,MAKKAH--Proses kepulangan jamaah sakit melalui mekanisme tanazul evakuasi terus berlangsung di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah. Pada selasa (26/7/2022) pagi pukul 06.30 waktu arab saudi (WAS), lima ambulans membawa 5 jamaah haji sakit dan lima pendampingnya untuk Tanazul Evakuasi yang berasal dari kloter SOC dan SUB. 

"Total 10 jamaah haji dipulangkan lebih awal ditanazulkan," kata dokter Andi Poernama Timoer, penanggung jawab (PJ) evakuasi Tanazul KKHI Makkah, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga

Pantauan Republika, pasangan suami istri Maftuh dan Jamilah, jamaah asal Surabaya, terlihat senang mengikuti proses evakuasi untuk dapat kembali ke Indonesia. Mereka mengaku sudah menjalankan prosesi rukun dan wajib hajinya sebelum kembali pulang ke kampung halaman.

"Senang sekali mau pulang, Alhamdulillah ibadahnya sudah lengkap semua. Mohon doanya ya," kata Jamilah istri Maftuh. 

 

Maftuh jamaah haji yang menderita stroke selama empat tahun di Indonesia. Pada prosesi haji di fase Armuzna, Maftuh mengalami lemas ketika mabit hari pertama di Mina, hingga dirujuk ke Rumah Sakit Al Wadi. Setelah mendapatkan perawatan selama tiga hari RSAS, Maftuh dipulangkan ke KKHI Makkah untuk menjalani pemulihan.

Sementara, pasangan jamaah haji asal Jember bernama Soleh dan Siti Khodijah mengaku ikhlas tidak meneruskan perjalanan ke Madinah melainkan mengikuti proses tanazul. Dia sadar penyakitnya tak mampu bertahan di Madinah. 

“Karena Bapak sakit, biarin (pulang). Yang penting ibadahnya sudah selesai," ujar Siti Khodijah. 

Soleh dan Siti Khodijah semestinya menuju Madinah di tanggal 28 Juli untuk melaksanakan Arbain, dan kembali ke Indonesia di tanggal 4 Agustus. Namun Siti memilih untuk tanazul awal untuk menemani suaminya yang menderita infeksi pada kaki.

Demikian pula dengan jamaah asal Banyuwangi Mundi dan Zulham Efendi. Zulham memilih tanazul awal menemani sang istri yang menderita lupus

"Saya lebih baik dampingi Ibu, karena saya bebannya ndak mau sendirian," ujar Zulham.

Proses Tanazul-Evakuasi hari ini merupakan aktivitas terpadat selama tujuh belas hari proses berjalan. Secara total sebanyak 18 jemaah juga menjalani tanazul-evakuasi per hari ini mulai pukul 06.30 hingga pukul 20.30 waktu setempat. Secara total hingga Selasa (26/7/2022) sebanyak 34 jemaah haji sudah menjalani evakuasi dan 41 jemaah haji sudah menjalani tanazul. 

Kepala Seksi Kesehatan Bandara Arab Saudi, Imron Cahyono menyatakan bahwa proses tanazul evakuasi melalui jeddah akan berlangsung hingga 30 Juli 2022, mengikuti penerbangan kloter. Setelahnya proses tanazul-evakuasi akan dilakukan melalui bandara madinah.

Sesampainya di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, peserta tanazul-evakuasi dipindahkan ke poskes oktagon, untuk kemudian di observasi dan menunggu waktu penerbangan. Menurut Imron, jemaah terus dipantau kondisi vitalnya untuk memastikan kondisi jemaah tetap baik selama proses penerbangan.

"Alhamdulillah jemaah dalam kondisi stabil, dan semua bisa didorong dengan wheelchair," ujar Imron

Menurut Imron, kondisi jemaah yang dilakukan tanazul-evakuasi sudah memenuhi syarat transportable. Sehingga sesampainya di Bandara tidak perlu lagi dilakukan perawatan di poskes oktagon. Kecuali jika terjadi penurunan kondisi pasien atau kondisi kegawatdaruratan.

“Memasuki waktu penerbangan, jemaah tanazul evakuasi kita dorong masuk ke pesawat terlebih dahulu," tambahnya

Imron menyatakan bahwa pos kesehatan bandara atau poskes oktagon memberikan pelayanan kesehatan 24 jam selama masa pemulangan jemaah haji. Selain memastikan jemaah haji tanazul-evakuasi dapat diberangkatkan, poskes oktagon juga memiliki tanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan kepada kloter kepulangan jemaah haji di ruang paviliun.

Sebanyak 7 petugas kesehatan bertugas dalam satu kali shift, terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, apoteker, dan Tim Pendukung Kesehatan. Selain bertugas di poskes oktagon, tim juga harus standby di paviliun, lokasi transit jemaah haji. Pihaknya mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan tenaga dokter spesialis emergency dan spesialis anestesi yang ditugaskan di poskes oktagon selama masa pemulangan jemaah haji. 

“Untuk mempercepat mobilisasi jika dibutuhkan pemindahan jemaah dari paviliun ke pos oktagon, selain kursi roda, kita juga punya kendaraan golf car, mengingat posisi paviliun yang tersebar di lima titik," katanya.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement