Kamis 28 Jul 2022 00:10 WIB

Xavi Punya Tiga Pilihan Pengganti Sergio Busquets

Busquets kemungkinan akan pindah ke MLS tahun depan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Gelandang Barcelona Sergio Busquets
Foto: EPA-EFE/ALEJANDRO GARCIA
Gelandang Barcelona Sergio Busquets

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Xavi Hernandez telah memilih tiga pemain dari skuad Barcelona untuk menggantikan peran Sergio Busquets. Laporan terbaru mengatakan musim 2022/2023 akan menjadi yang terakhir bagi Busquets di ibu kota Katalunya. Setelah itu, Busquets akan pindah ke MLS untuk memulai babak baru.

Bisa dibilang tidak ada satu pemain pun di Eropa yang bisa meniru yang dilakukan Sergio Busquets di Barcelona dalam hal keahliannya. Namun dalam usia 33 tahun, Busquets tidak memiliki banyak sisa karier, terutama di Barcelona. 

Baca Juga

Xavi harus mulai mempersiapkan kehidupan setelah Busquets, terutama jika dia sedang membangun proyek jangka panjang. Meskipun sangat jelas bahwa Barcelonaa tidak akan mencari pengganti di bursa transfer tahun ini.

Menurut Mundo Deportivo seperti dikutip dari Barca Universal, Rabu (27/7/2022), Xavi akan mengandalkan Nico Gonzalez, Miralem Pjanic (jika bertahan), dan terkadang bahkan Franck Kessie untuk menggantikan Busquets musim depan. 

Nico

Untuk sebagian besar musim 2020/2021, Nico ditempatkan sebagai gelandang bertahan oleh Garcia Pimienta di Barcelona B. Namun, ia digunakan terutama sebagai pemain klasik 8 saat promosi.

Xavi akan berusaha membalikkan itu musim ini, karena ia telah mencoba menggunakan pemain Spanyol itu dalam peran Busquets selama pramusim.

Nico memegang bola dengan sangat baik, dan bisa membawanya ke atas tanpa gagal. Namun, ada beberapa keraguan serius atas passing progresifnya, terutama jika dia dipaksa untuk meniru Busquets.

Di sisi lain, dia cerdik dalam bertahan, secara fisik. Tidak seperti Busquets, ia dapat menangani transisi pertahanan yang cepat.

Pjanic

Faktanya, ada jauh lebih banyak peluang dia pergi daripada tinggal. Namun penampilannya di lini tengah melawan Juventus kemarin patut dipuji. 

Jika Xavi ingin pemain No. 6 nya selalu menemukan opsi operan, memajukan bola dengan cepat, dan tahan terhadap tekanan, Pjanic adalah pengganti Busquets yang jelas.

Posisi bertahannya kadang-kadang agak mencurigakan, tetapi tidak ada gelandang lain di tim yang mencerminkan jangkauan umpannya, dan pada zamannya, pemain Bosnia itu tidak bisa dimainkan.

Kessie 

Kessie adalah bek yang jauh lebih baik daripada duo yang disebutkan di atas. Dia proaktif, membaca permainan dengan cemerlang, dan bisa melakukan tekel. Namun, keahliannya paling baik digunakan di lapangan.

Pemain Pantai Gading memiliki kemampuan teknis yang jika digabungkan dengan tekanan tinggi dan ketajamannya untuk mencetak gol membuatnya menjadi nomor 8 yang ideal. Dia bisa jadi pilihan untuk bermain sebagai poros tunggal ketika mendorong ke depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement