Rabu 27 Jul 2022 18:15 WIB

Cegah Persebaran Cacar Monyet, Begini Saran Ahli Epidemiologi

Kemenkes sudah melakukan surveilans aktif di semua pintu masuk negara.

Cara mencegah persebaran cacar monyet menurut ahli epidemiologi.
Foto: Republika
Cara mencegah persebaran cacar monyet menurut ahli epidemiologi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dr Yudhi Wibowo mengatakan, penguatan sistem surveilans merupakan hal yang sangat penting. Tujuannya, untuk mencegah persebaran penyakit cacar monyet atau monkeypox.

"Kegiatan surveilans menjadi sangat penting untuk dilakukan, simultan dengan edukasi, pencegahan dan pengobatan," katanya ketika dihubungi dari Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga

Terkait hal tersebut, dosen Fakultas Kedokteran Unsoed itu mengapresiasi respons cepat pemerintah yang telah mengaktifkan sistem surveilans di seluruh pintu masuk ke wilayah Indonesia guna mencegah persebaran cacar monyet. "Pengaktifan surveilans merupakan hal yang sangat tepat yang menunjukkan respons cepat dari Kementerian Kesehatan," kata dia.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 45 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Surveilans Kesehatan diketahui bahwa surveilans merupakan kegiatan pengamatan yang sistematis dan terus menerus terhadap data dan informasi tentang kejadian penyakit atau masalah kesehatan dan kondisi yang mempengaruhi terjadinya peningkatan dan penularan penyakit. "Tujuannya untuk memperoleh dan memberikan informasi guna mengarahkan tindakan pengendalian dan penanggulangan secara efektif dan efisien," katanya.

Menurut dia, penguatan sistem surveilans tidak hanya berfungsi untuk kewaspadaan dini penyakit melainkan juga sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan program kesehatan jangka menengah dan jangka panjang. "Dengan demikian diharapkan sistem surveilans untuk mengantisipasi penyakit cacar monyet mencakup seluruh pelaksanaan program di bidang kesehatan melalui pengamatan terus menerus, analisis dan diseminasi informasi," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengaktifkan sistem surveilans di seluruh pintu masuk ke wilayah Indonesia untuk mencegah persebaran penyakit cacar monyet. "Sejak muncul monkeypox (cacar monyet) di beberapa negara, Kemenkes sudah melakukan surveilans aktif di semua pintu masuk negara, terutama di bandara dan pelabuhan laut," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu.

Dalam upaya surveilans, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memeriksa setiap pelaku perjalanan yang datang dari negara-negara dengan kasus penularan cacar monyet. Petugas KKP melakukan pemeriksaan suhu tubuh serta indikasi gejala cacar monyet pada pelaku perjalanan yang datang dari negara-negara dengan kasus penularan cacar monyet.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement