Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Berlian Langka 'The Lulo Rose' Ditemukan di Pertambangan Angola

Rabu 27 Jul 2022 16:15 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani

Berlian merah muda terbesar

Berlian merah muda terbesar

Foto: AP
The Lulo Rose merupakan berlian terbesar yang ditemukan dalam 300 tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, LUANDA – Penambang di Angola telah menemukan berlian merah muda murni langka. Berlian ini diyakini merupakan berlian terbesar yang ditemukan dalam 300 tahun terakhir.

Dalam pernyataan yang dirilis pada Rabu (27/7/2022), Lucapa Diamond Company mengungkapkan, berlian 170 karat itu dijuluki “The Lulo Rose”. Ia ditemukan di tambang Lulo yang terletak di wilayah timur laut Angola. Menurut perusahaan berlian asal Australia tersebut, The Lulo Rose merupakan berlian tipe IIa, yakni salah satu bentuk batu alam paling langka dan paling murni. Oleh sebab itu, penemuannya dianggap bersejarah.

Baca Juga

“Rekor dan berlian merah muda spektakuler yang ditemukan dari Lulo ini terus menunjukkan Angola sebagai pemain penting di panggung dunia,” kata Menteri Sumber Daya Mineral Angola Diamantino Azevedo, dilaporkan Bloomberg.

The Lulo Rose akan dijual dengan tender internasional. Belum ada perkiraan tentang harga berlian tersebut. Nantinya The Lulo Rose memang harus dipotong dan dipoles untuk mengetahui nilai sebenarnya. Proses tersebut akan membuat berlian itu kehilangan 50 persen bobotnya.

Pada 2017 lalu, Berlian Pink Star 59,6 karat dilelang di Hong Kong dan terjual dengan harga 71,2 juta dolar AS. Sejauh ini, Pink Star merupakan berlian termahal yang pernah dijual.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA