Rabu 27 Jul 2022 12:51 WIB

Tangerang Membidik Siswa Baru untuk Vaksinasi Covid-19 pada Anak

Capaian vaksinasi anak usia 6-12 tahun sebanyak 171.649 anak atau 92,3 persen.

Rep: Eva Rianti/ Red: Andi Nur Aminah
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 ke seorang anak  (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 ke seorang anak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Kesehatan Kota Tangerang mencatatkan angka realisasi vaksinasi Covid-19 dosis satu pada kalangan anak usia 6 hingga 12 tahun hampir mencapai target. Kegiatan vaksinasi akan terus dikebut, di antaranya dengan menyisir para siswa baru dalam tahun ajaran baru 2022/2023 yang belum tervaksinasi. 

Data Dinkes Kota Tangerang per Selasa (26/7/2022) menunjukkan, capaian vaksinasi pada kategori anak usia 6-12 tahun sebanyak 171.649 anak atau terealisasi 92,3 persen dari target sebanyak 185.989 anak. Adapun capaian dosis dua sebanyak 138.727 anak atau 74,6 persen dari jumlah sasaran yang sama. 

Baca Juga

Untuk dapat segera mencapai target, dan seiring dengan mulai berjalannya tahun ajaran baru, Dinkes Kota Tangerang menyisir seluruh siswa baru yang belum tervaksinasi agar segera disuntik vaksin. Dengan masuknya siswa baru pada tahun ajaran baru, Dinkes memastikan akan banyak sasaran baru vaksinasi Covid-19 pada kategori anak usia 6 hingga 12 tahun. 

"Dinkes mengerahkan seluruh Puskesmas untuk menyisir seluruh sekolah di wilayahnya untuk menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi. Sehingga, siswa baru yang belum mengikuti vaksinasi bisa segera divaksin, tak terkecuali mereka anak-anak lama yang terlewat belum mengikuti vaksinasi," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Tangerang, Harmayani dalam keterangannya, Rabu (27/7/2022). 

Harmayani menuturkan, kegiatan penyisiran siswa baru belum tervaksinasi ini juga upaya lanjut akan syarat yang dilayangkan saat pelaksanaan PPDB. "Berdasarkan data yang masuk saat PPDB berlangsung, cukup banyak siswa-siswi baru ini belum mengikuti vaksinasi Covid-19. Maka, kami rasa aksi penyisiran ini harus segara dilaksanakan secara masif," kata dia. 

Pelaksanaan penyisiran diketahui dilakukan sejak pekan lalu. Dalam kegiatan penyisiran yang dilakukan, Dinkes bisa menyisir hingga 1.000 siswa. Kegiatan itu bakal terus berlangsung hingga Jumat mendatang. 

"Semoga ribuan siswa bisa terjaring setiap harinya. Sehingga, capaian vaksinasi pada umur 6-12 tahun bisa kian maksimal," kata dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement