Rabu 27 Jul 2022 12:38 WIB

Benarkah Cuaca Dingin Disebabkan Aphelion? Cek Fakta-Faktanya

Aphelion adalah saat Bumi terjauh dari Matahari.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Perbandingan ukuran Matahari dan Bumi.
Foto: pics-about-space.com
Perbandingan ukuran Matahari dan Bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Postingan tersebar luas di media sosial yang mengklaim bahwa ‘fenomena Aphelion’ yang terjadi sekarang dan berakhir pada 22 Agustus 2022, akan membuat Bumi mengalami cuaca yang lebih dingin. Dalam broadcast tersebut, disarankan bahwa lebih baik memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan vitamin dan produk makanan sehat.

Berikut ini broadcast-nya: 

Baca Juga

Hingga 22 Agustus cuaca akan lebih dingin dan lebih dingin dari tahun lalu.  Ini disebut fenomena Albelian.  Dimulai besok pagi jam 05.00. Kita tidak hanya akan melihat tetapi juga mengalami efek dari Fenomena Alphelion.

  Ini akan berakhir pada Agustus 2022. Selama ini kita akan mengalami cuaca dingin yang belum pernah ada sebelumnya.. karena itu.. badan kita pegal-pegal dan tenggorokan tersumbat,

Demam, batuk dan masalah pernapasan terjadi.  Oleh karena itu, lebih baik memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dengan vitamin dan produk makanan sehat lainnya.

  Jarak antara Matahari dan Bumi adalah 90.000.000 km.  Tapi selama Fenomena Alphelion ini, jarak antara keduanya akan meningkat menjadi 152.000.000 km.  Itu adalah peningkatan 66%.

 Silakan bagikan ini dengan keluarga, teman, dan orang yang Anda cintai. 

Postingan tersebut bahkan mengklaim jarak antara Matahari dan Bumi adalah 90.000.000 km. Namun, selama ‘fenomena Aphelion’ jaraknya akan meningkat sebesar 66 persen menjadi 152.000.000 km.

Dilansir dari Factly, Rabu (27/7/2022), istilah Aphelion dan Perihelion adalah titik-titik dalam orbit Bumi saat Bumi berada pada jarak terjauh dan terdekat dengan Matahari. Aphelion Bumi berjarak sekitar 94,5 juta mil atau 152 juta kilometer dari Matahari.

Perihelion Bumi berjarak sekitar 91,4 juta mil atau 147 juta kilometer. Ketika jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari dipertimbangkan, di Aphelion, peningkatannya hanya sekitar 1,4 persen bukan peningkatan 66 persen seperti yang diklaim.

Aphelion mempengaruhi cuaca Bumi karena jaraknya dari Matahari. Konstanta matahari (jumlah energi Matahari yang diterima seseorang) hanya sedikit berbeda untuk membuat perubahan signifikan pada suhu di Bumi.

Menurut Badan Antariksa Amerika (NASA), itu adalah ‘kesalahpahaman umum’ bahwa perbedaan jarak antara Bumi dan Matahari menyebabkan empat musim. Namun, itu adalah sumbu miring Bumi yang merupakan alasan utama. Oleh karena itu, klaim yang dibuat dalam postingan tersebut adalah SALAH.

Aphelion dan Perihelion adalah titik-titik dalam orbit Bumi saat Bumi berada pada jarak terjauh dan terdekat dengan matahari. Aphelion adalah saat Bumi terjauh dari Matahari. Perihelion adalah saat Bumi berada paling dekat dari Matahari. Perihelion Bumi berjarak sekitar 91,4 juta mil atau 147 juta kilometer dari Matahari.

Secara umum, Bumi mengelilingi Matahari dalam orbit elips. Karena orbitnya bukan lingkaran yang pasti, jarak Bumi dari Matahari terus berubah. Namun, rata-rata jarak Bumi ke Matahari sekitar 93 juta mil atau 150 juta kilometer. Jarak rata-rata ini disebut satu satuan astronomi.

Hanya ada sekitar 3,3 persen perubahan jarak jika dibandingkan dengan Perihelion dan Aphelion (atau sekitar 5 juta kilometer). Ketika jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari dipertimbangkan, di Aphelion, peningkatannya hanya sekitar 1,4 persen.

Jadi, tidak ada peningkatan jarak antara Matahari dan Bumi sebesar 66 persen karena beberapa ‘fenomena Aphelion’. Seperti disebutkan sebelumnya, Aphelion dan Perihelion hanyalah titik-titik di orbit Bumi saat Bumi berada paling jauh dan paling dekat dengan Matahari.

Pada tahun 2022, Aphelion, titik terjauh Bumi dari Matahari, terjadi pada 4 Juli 2022. Perihelion pada 4 Januari 2022. Aphelion dan Perihelion terjadi di beberapa titik waktu karena Bumi selalu bergerak dan berputar mengelilingi Matahari.

Jadi, mengklaim bahwa Aphelion adalah fenomena yang terjadi dalam durasi dari 4 Juli 2022 hingga 22 Agustus 2022 adalah tidak benar. Aphelion dan Perihelion adalah peristiwa yang terjadi setiap tahun.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement