Rabu 27 Jul 2022 06:43 WIB

Kapolsek Tanggapi Truk Angkut Bodi Pesawat Buat Macet Jalan Raya Parung

Truk pengangkut pesawat langgar ketentuan yang membuat jalanan di Kemang macet parah.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Pengangkutan bodi pesawat pada pagi hari membuat lalu lintas di  di Jalan Raya Parung, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, macet.
Foto: Tangkapan layar
Pengangkutan bodi pesawat pada pagi hari membuat lalu lintas di di Jalan Raya Parung, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, macet.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebuah video viral di di media sosial, berupa potongan bangkai pesawat yang diangkut menggunakan truk melintas di Jalan Raya Parung, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Selasa (26/7/2022) pagi WIB. Polisi menyebut truk tersebut melintas di luar waktu ketentuan kendaraan bermuatan besar.

Video tersebut diunggah akun Twitter @txtdaribgr pada Selasa (26/7). Dalam video terlihat potongan moncong pesawat tengah diangkut melintas di jalan raya yang tengah padat aktivitas.  

Sementara kendaraan lainnya seperti motor dan mobil nampak mengantre di belakang potongan pesawat tersebut. Tak ayal, kondisi itu membuat kemacetan panjang di tengah arus lalu lintas yang padat di pagi hari.

Baca: Lion Air Group Bantah Menjadi Pengelola Bandara Halim Perdanakusuma

Kapolsek Kemang, Kompol Ari Triswanti, membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun, menurut Ari, truk pengangkut itu menyalahi aturan lantaran harusnya tidak boleh melintas pada pagi hari.

Ari menyebutkan, peraturan kendaraan besar untuk melintas di jalan raya sudah diatur oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, terkait kendaraan pengangkut dan truk tambang. Dalam Peraturan Bupati (Perbup) Bogor Nomor 120 Tahun 2021 tentang Waktu Operasional Kendaraan Angkutan Tambang, truk tambang bisa beroperasi mulai pukul 20.00 WIB hingga 05.00 WIB.

"Tadi untuk giat pengaturan kita di depan Bomang (Bogor-Kemang). Untuk kontainer sudah dikawal dari bandara sampai lokasi. Tapi yang jelas sesuai peraturan di malam hari. Polsek hanya mengimbau saja untuk mengikuti peraturan sehingga tidak terjadi lagi," kata Ari kepada Republika di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/7/2022).

Untuk mengurai kepadatan, pihaknya telah mengerahkan petugas untuk mengatur lalu lintas. Ke depan, Polsek Kemang mengimbau agar potongan pesawat itu dikirim pada malam hari sesuai aturan.

Usut punya usut, ternyata badan pesawat itu mau dibawa ke sebuah penampungan di kawasan Kemang. Di lokasi Jalan Raya Parung, terdapat kuburan pesawat yang menampung seluruh bodi pesawat yang sudah tidak terpakai.

Baca: Wings Air Terbang dari Bandara Pondok Cabe Menuju Bandara Ngloram Cepu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement