Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Cara Enak Turunkan Kolesterol: Makan Satu Alpukat Setiap Hari

Selasa 26 Jul 2022 17:05 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Buah alpukat. Studi menunjukkan rutin makan alpukat berdampak positif pada kadar kolesterol tubuh.

Buah alpukat. Studi menunjukkan rutin makan alpukat berdampak positif pada kadar kolesterol tubuh.

Foto: Pixabay
Studi mengungkap makan alpukat setiap hari bermanfaat untuk turunkan kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi baru menemukan manfaat spesifik dari menyantap satu buah alpukat setiap hari. Konsumsi alpukat terbukti tidak berkontribusi pada penambahan berat badan, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, dan meningkatkan kualitas diet.

Hasil studi itu telah diterbitkan dalam Journal of American Heart Association. Para peneliti yang menggagas penelitian bermaksud mengevaluasi dampak makan satu alpukat setiap hari dibandingkan dengan diet biasa.

Baca Juga

Para peneliti memang tidak menemukan banyak perbedaan antara kelompok kontrol dan intervensi. Akan tetapi, mereka menemukan bahwa peserta yang makan alpukat setiap hari memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah dan kualitas diet yang baik.

Ditinjau dari nutrisinya, alpukat mengandung vitamin C dan K, serta merupakan sumber serat yang baik. Penelitian yang didanai Hass Avocado Board itu hendak melihat apakah makan alpukat setiap hari membantu mengurangi adipositas visceral pada peserta dengan lingkar pinggang besar.

Tim juga melihat dampak rutin makan alpukat pada beberapa aspek kesehatan lain, termasuk kadar kolesterol, berat badan, indeks massa tubuh, dan kualitas hidup. Selain punya lingkar pinggang besar, semua peserta mengonsumsi alpukat dua buah atau lebih per bulan.  

Kelompok intervensi (505 peserta) mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari, sedangkan kelompok kontrol (503 peserta) melanjutkan pola makan mereka. Para peneliti mengumpulkan data tentang asupan makanan pada awal penelitian.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA