Selasa 26 Jul 2022 16:10 WIB

Makanan yang Sebaiknya tidak Dimasak di Air Fryer

Tidak semua makanan bisa dimasak dengan baik di air fryer.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak air fryer menjadi populer, rasanya Anda hampir bisa membuat apa saja di dalamnya. Dari ayam yang dilapisi tepung roti hingga daging sapi, bahkan bakso.

Namun, dilansir laman Eat This, Not That, Selasa (26/7/2022), anggota dewan ahli chef Nik Fields yang juga dikenal sebagai The Chic Chef mengatakan tidak semua makanan bisa dimasak dengan baik di air fryer. Beberapa akan menjadi terlalu lembek, berantakan, atau tidak matang merata.

Baca Juga

"Jadi sebelum Anda bereksperimen dengan kreasi air fryer lainnya, pastikan untuk menyimpan makanan ini agar tidak pernah dimasak di dalam alat air fryer," ujarnya.

Apa saja itu?

1. Makanan dengan adonan basah

"Berantakan dan adonannya tidak mau mengeras," ujar Nik.

Daripada mencelupkan makanan ke dalam adonan basah seperti ayam, buatlah pelapis remah roti yang lebih sehat. Celupkan ayam ke dalam telur dan lumuri dengan tepung roti sebelum dimasukkan ke dalam air fryer. Air fryer membuat versi makanan renyah favorit Anda jauh lebih sehat.

2. Sayuran hijau

Chef Nik menunjukkan sayuran hijau seperti kubis dan bayam bukan yang terbaik untuk digoreng di air fryer. "Tidak seperti memasak dengan minyak, air fryer memasak tidak merata dan akan menyebabkan makanan yang lebih ringan lebih cepat gosong dan menjadi lembek," kata dia.

3. Popcorn

Jika Anda ingin membuat popcorn untuk menonton film pada malam hari, lebih baik Anda memasaknya di dalam panci, microwave, atau di pembuat popcorn klasik, bukan di air fryer. "Air fryer tidak cukup panas untuk mengeluarkan bijinya," ujar chef Nik.

4. Ayam utuh

Jika Anda ingin memanggang ayam utuh, sebaiknya lakukan di oven saja dibandingkan mencoba memasaknya di air fryer. Chef Nik menyebut, suhu yang tidak merata akan membuat ayam matang tidak sempurna. Hal itu juga akan menyebabkan bagian ayam menjadi kering.

"Juga, air fryer-nya lebih kecil dari ayam sehingga tidak bisa dipanggang semua pada saat yang bersamaan," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement