Selasa 26 Jul 2022 11:25 WIB

Penelitian Tunjukkan Vaksin Covid-19 Berdampak pada Jantung

Vaksinasi memiliki dampak yang berkaitan dengan jantung.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Vaksinasi memiliki dampak yang berkaitan dengan jantung.
Foto: VOA
Vaksinasi memiliki dampak yang berkaitan dengan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit orang yang menganggap vaksinasi Covid-19 memiliki dampak tersendiri. Hal itu termasuk yang berkaitan dengan jantung.

Sekarang sebuah penelitian di Kanada menunjukkan bahwa miokarditis dan perikarditis setelah vaksinasi mRNA Covid-19 sangat jarang terjadi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa mengurangi dosis kedua hingga 30 hari dan menawarkan vaksin Pfizer di atas Moderna dapat menurunkan risiko mengembangkan kondisi ini pada pria usia 12-29.

Baca Juga

Para ahli menekankan bahwa Covid-19 menimbulkan risiko miokarditis dan perikarditis yang lebih besar daripada divaksinasi. Para ahli di University of Alberta di Kanada telah menganalisis bukti tentang risiko miokarditis dan perikarditis setelah vaksinasi.

“Peneliti menemukan risikonya rendah, termasuk di kalangan pria muda. Kondisi ini, biasanya disebabkan oleh infeksi virus, melibatkan peradangan jaringan jantung,” tulis laporan Medical News Today, dikutip Selasa (26/7/2022).

 

Para peneliti mengusulkan bahwa penggunaan Pfizer daripada Moderna dan menerapkan interval dosis, dapat mengurangi risiko bagi individu yang lebih muda. Studi ini terbit di BMJTrusted Source.

 

Vaksin mRNA dan kondisi jantung

Miokarditis mengacu pada peradangan otot jantung, dan perikarditis terjadi ketika ada peradangan kantung yang mengelilingi jantung. Kedua kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi virus.

Kondisinya jarang terjadi tapi bisa serius. Untungnya, kebanyakan orang bisa pulih sepenuhnya.

Peningkatan kasus setelah vaksinasi mRNA Covid-19 telah menimbulkan kekhawatiran di antara para pemimpin medis dan kesehatan masyarakat.

Laporan pertama kali muncul pada April 2021, yang mengarah pada pemantauan efek samping setelah vaksinasi dengan vaksin mRNA Pfizer dan Moderna. Spesialis anak dan jantung di University of Alberta menganalisis lebih dari 8.000 kasus setelah menyisir 46 penelitian.

Mereka mulai memeriksa catatan orang-orang di setiap kelompok umur dan dikategorikan pada individu berusia 0-39 tahun. Menurut para peneliti, tingkat insiden pada orang dewasa berusia 40 tahun ke atas sangat rendah sehingga bisa dikatakan tidak ada sama sekali.

Para peneliti mencatat bahwa tingkat keseluruhan miokarditis adalah 1-2 kasus per 100.000 orang-tahun di Amerika Serikat. Studi ini menemukan bahwa tingkat miokarditis setelah vaksinasi Covid-19 adalah 0,2 per satu juta orang - dan 1,4 per satu juta untuk perikarditis.

Mereka menemukan bahwa pria remaja dan dewasa muda memiliki insiden miokarditis tertinggi setelah menerima vaksin mRNA terhadap SARS-CoV-2. Temuan ini sesuai dengan kecenderungan sejarah mengenai kondisi ini.

Remaja pria usia 12-17 tahun memiliki 50-139 kasus per juta, dan pria dewasa usia 18-29 memiliki 28-147 kasus per juta.

 

Moderna vs Pfizer

Dr Jorge Moreno, asisten profesor kedokteran di Yale School of Medicine, yang tidak terlibat dalam penelitian setuju bahwa kasus miokarditis dan perikarditis terkait vaksin Covid-19 jarang terjadi.

Dia juga menekankan bahwa Covid itu sendiri jauh lebih mungkin l menyebabkan penyakit daripada vaksin. Dr Moreno menyebutkan bahwa beberapa negara Eropa lebih memilih vaksin Pfizer Covid-19, yang tampaknya membawa risiko miokarditis lebih rendah daripada vaksin Moderna.

Namun, dia menambahkan, FDA dan CDC tidak menemukan bahwa perbedaannya cukup besar untuk membuat rekomendasi itu. Dr Moreno menilai bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengevaluasi gagasan tentang jarak dosis vaksin.

Saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak merekomendasikan orang di bawah 18 tahun untuk menerima suntikan booster. Tetapi pada intinya, ahli mendorong edukasi terkait vaksin agar lebih efektif disampaikan kepada masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement