Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Duh, Robot Catur Patahkan Jari Anak Saat Turnamen

Selasa 26 Jul 2022 08:59 WIB

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih

Robot. Ilustrasi

Robot. Ilustrasi

Foto: Dailymail
Diduga, robot mengalami kebingungan saat akan menempatkan bidak catur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam turnamen yang berakhir pada hari Kamis pekan lalu, robot catur yang memainkan tiga permainan sekaligus mematahkan jari seorang anak laki-laki berusia 7 tahun. Anak muda itu mengalami patah tulang, demikian informasi dilansir dari berita berbahasa Rusia milik negara Baza, yang membagikan video insiden itu ke saluran Telegram-nya. 

Video tersebut kemudian diunggah oleh pengguna Twitter, yang mempostingnya secara online untuk dilihat semua orang. Baza mengklaim bahwa robot itu "meremas" jari anak itu. Robot itu tampaknya bingung menempatkan "jari" atau bidak caturnya di atas jari anak.

Baca Juga

Menurt laporan kantor berita Rusia TASS, anak itu mampu menyelesaikan kompetisi sambil mengenakan gips. Pihak berwenang saat ini percaya bahwa cedera itu terjadi karena tidak disengaja.

"Robot itu mematahkan jari anak itu, ini, tentu saja, buruk," kata presiden Federasi Catur Moskow Sergey Lazarev, dilansir dari Futurism, Senin (25/7/2022). 

Robot yang telah diakui bermain dengan banyak lawan, kemungkinan besar mengalami kebingungan atau mencoba bergerak pada saat yang tidak tepat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA