Selasa 26 Jul 2022 08:04 WIB

Ini Alasan Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun Tidur Sangat Dianjurkan

Minum segelas air putih setelah bangun tidur membawa manfaat bagi kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Minum segelas air putih setelah bangun tidur membawa manfaat bagi kesehatan.
Foto: Pixabay
Minum segelas air putih setelah bangun tidur membawa manfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum segelas air putih sesaat setelah bangun tidur sering kali menjadi anjuran. Ternyata, kebiasaan ini memang dapat membawa manfaat bagi kesehatan.

Secara umum, asupan air putih merupakan bagian yang penting bagi kesehatan. Asupan ini membantu tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik, membantu regulasi suhu tubuh, hingga menunjang pencernaan. Konsumsi air putih yang cukup juga bisa mengurangi beban pada ginjal dan hati dengan cara membuang produk sisa atau limbah.

Baca Juga

Tak hanya itu, asupan air putih yang cukup juga bisa mengoptimalkan kekuatan otak. Sebaliknya, kondisi dehidrasi meskipun hanya 2 persen, bisa menyebabkan terjadinya keluhan seperti sakit kepala, mudah marah, perasaan seperti akan pingsan, lelah, dan sulit berkonsentrasi.

Hal ini bisa terjadi karena sekitar 60 persen berat tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, kecukupan hidrasi perlu dijaga agar tubuh bisa berfungsi dengan optimal.

"(Air putih) merupakan sesuatu yang sangat diperlukan bagi hidup dan kesehatan seluruh tubuh," jelas direktur senior untuk nutrisi dan penelitian klinis global dari WW, Michelle Cardel PhD MS RD, seperti dilansir Eating Well, Selasa (26/7/2022).

Membiasakan minum air putih sesaat setelah bangun tidur dapat membantu menciptakan kebiasaan minum air yang rutin sepanjang hari. Minum air putih di awal pagi juga dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi, mengingat selama tidur tubuh tidak mendapatkan asupan cairan.

Bagi orang-orang yang bangun tidur dalam kondisi pening, minum air putih dapat membantu tubuh terasa lebih segar dan "melek".

"Bila kita mengombinasikan air putih kita dengan makanan, minum air putih bisa membantu meningkatkan kadar energi kita juga," jelas ahli gizi Molly bremer MS RD dari Mind Body Health.

Manfaat lain dari minum air putih setelah bangun tidur adalah memberikan waktu yang lebih panjang bagi tubuh untuk memenuhi kuota asupan air putih yang dibutuhkan dalam sehari. Dengan begitu, seseorang tidak harus memaksakan diri untuk minum banyak air putih dalam waktu singkat.

Kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur juga dapat membawa manfaat bagi performa mental. Misalnya, mencegah munculnya perilaku mudah marah hingga kesulitan berkonsentrasi akibat dehidrasi.

Kondisi dehidrasi bisa dikenali lewat warna urin. Semakin gelap warna urin, semakin menandakan kurangnya asupan cairan.

"(Warna urin yang gelap) bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu meningkatkan asupan air putih," jelas Cardel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement