Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Ketua DPR Minta Pemerintah Gencarkan Edukasi Masyarakat Soal Cacar Monyet

Selasa 26 Jul 2022 07:16 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ilham Tirta

Asal usul cacar monyet.

Asal usul cacar monyet.

Foto: Republika
Indonesia harus siaga terhadap penyakit yang telah dikonfirmasi di 75 negara tersebut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan penyakit cacar monyet sebagai darurat global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Menyikapi itu, Ketua DPR, Puan Maharani meminta pemerintah memasifkan sosialisasi dan edukasi mengenai penyakit cacar monyet, meski penyakit ini belum ditemukan di Tanah Air.

"Masifkan sosialisasi mengenai penyakit ini, termasuk perbanyak edukasi kepada masyarakat tentang cacar monyet untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap monkeypox," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/7/2022).

Baca Juga

Puan mengingatkan agar Indonesia siaga terhadap penyakit yang telah dikonfirmasi di 75 negara tersebut. Mantan PMK itu mendorong pemerintah untuk mengantisipasi masuknya penyakit yang disebabkan oleh Monkeypox virus (MPXV) tersebut.

Puan juga meminta pemerintah melakukan deteksi dini menyusul cacar monyet telah dideklarasikan sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Ia memuji langkah Pemerintah menyiapkan 2 laboratorium sebagai upaya deteksi dini monkeypox.

"Pastikan fasilitas kesehatan sudah siap menghadapi penyakit ini. Tenaga medis pun juga perlu diingatkan untuk peka terhadap potensi pasien Cacar Monyet yang menyerang warga," imbaunya.

Ia menilai kesiapsiagaan Pemerintah menghadapi Cacar Monyet dapat meredam keresahan masyarakat. Puan menegaskan, DPR akan terus mengawal persiapan Pemerintah dalam mengantisipasi cacar monyet.

“DPR melalui Komisi IX khususnya, akan ikut memastikan Pemerintah sudah siap apabila Cacar Monyet masuk ke Tanah Air dan bagaimana skenario yang akan dilakukan terhadap kemungkinan terburuk akibat penyakit ini,” kata dia.

Virus cacar monyet diketahui dapat menular lewat kontak dekat dengan orang lain yang terinfeksi, hewan yang terjangkit, atau bahkan yang terkontaminasi virus. Pada penularan antarmanusia, cacar monyet menyebar dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak fisik dekat.

"Untuk menghindari penularan, kita harus semakin menyadari untuk menerapkan gaya hidup sehat. Termasuk tidak menggunakan barang pribadi bersamaan dengan orang lain seperti handuk dan alat makan," kata dia.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA