Selasa 26 Jul 2022 01:43 WIB

Anggota Foz Raih Penghargaan Perlindungan Anak

Melalui program Asa Anak Indonesia, gerakan zakat telah menyalurkan Rp 22 miliar

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda
Perlindungan anak (ilustrasi). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) memberikan penghargaan Bidang Khusus Perlindungan Anak untuk Forum Zakat (Foz)
Foto: www.freepik.com
Perlindungan anak (ilustrasi). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) memberikan penghargaan Bidang Khusus Perlindungan Anak untuk Forum Zakat (Foz)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) memberikan penghargaan Bidang Khusus Perlindungan Anak untuk Forum Zakat (Foz) pada malam Penghargaan Kota Layak Anak 2022, di Bogor, Jumat (22/7/2022) lalu.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengatakan, penghargaan ini merupakan wujud apresiasi KemenPPPA terhadap Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Anggota Forum Zakat sebagai mitra strategis pemerintah dalam pendampingan dan pemenuhan kebutuhan anak melalui penyaluran bantuan selama Pandemi Covid-19.

Baca Juga

“Lembaga Zakat anggota Forum Zakat adalah mitra terdekat kami di masa pandemi. Kami bersama Forum Zakat keliling, assessment dan melakukan pendampingan mulai dari bantuan internet, beasiswa, yang alhamdulillah sekarang sudah dianggarkan oleh Kemensos. Intervensi kami di awal berkat dukungan luar biasa dari salah satunya Forum Zakat,” kata Bintang dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.

“Semoga semangat sinergi dan kolaborasi ini bisa mewujudkan mimpi kita bersama, perempuan berdaya, anak terlindung Indonesia maju,” lanjutnya.

 

Ketua Bidang Kerja sama dan Sinergi Forum Zakat, Zainal Abidin mengatakan aktivitas OPZ selama ini memang sangat dekat dengan yatim, piatu atau yatim piatu dan dhuafa jauh sebelum pandemi melanda. “Kerenanya ketika pandemi ini melanda dan memunculkan dampak yang luar biasa maka kami berkoordinasi lintas sektoral dengan seluruh stakeholder di antaranya pemerintah, temasuk melibatkan keluarga terdekat dan lingkungan sekitar untuk bersama-sama menjadi jaring pengaman dan kontrol, melalui program Asa Anak Indonesia,” kata Zainal.

Dia menjelaskan, melalui program kolaborasi Asa Anak Indonesia tersebut, gerakan zakat telah menyalurkan Rp 22 miliar dana untuk 80 ribu anak terdampak. “Dana tersebut berasal dari 86 OPZ dan disalurkan ke seluruh wilayah Indonesia. OPZ Anggota Forum Zakat bersama KemenPPPA menyalurkan ke Jabodetabek, Bali, Lampung dan wilayah lainnya,” kata dia.

“OPZ anggota Forum Zakat akan terus berkomitmen menjaga anak-anak melalui berbagai macam program, meski pandemi Covid-19 telah usai,” lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement