Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Bolehkah Berbohong untuk Sembunyikan Sedekah yang dilakukan? 

Senin 25 Jul 2022 23:11 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Sedekah. Ilustrasi. Menyembunyikan sedekah adalah perkara baik tapi tak perlu berbohong

Sedekah. Ilustrasi. Menyembunyikan sedekah adalah perkara baik tapi tak perlu berbohong

Foto: REPUBLIKA
Menyembunyikan sedekah adalah perkara baik tapi tak perlu berbohong

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO–Sebuah istilah yang maklum diketahui banyak orang, yaitu jika tangan kanan memberi maka tangan kiri jangan sampai mengetahuinya. 

Ungkapan yang biasanya bermakna agar tidak mengumbar-umbar sedekah atau pemberian kita di depan orang lain.  

Baca Juga

Meskipun dalam Islam dibolehkan sedekah secara terang-terangan, banyak orang yang lebih ingin agar perbuatan baiknya itu dilakukan secara rahasia. 

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“ Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Baqarah ayat 271).   

Untuk itu, ada juga yang harus berbohong untuk bisa menutupi sedekahnya. Bolehkah tindakan ini?  

Syekh Abd al-Hamid al-Atrash, mantan ketua Komite Fatwa di Al-Azhar menjelaskan, sedekah adalah pengeluaran yang disyariatkan. 

Kebaikan akan diberikan kepada hamba-hamba yang melakukannya,dan seseorang akan diberi pahala karenanya hingga seseorang akan dilindungi oleh bayang-bayang sedekahnya pada hari kiamat jika memang bersedekah karena Allah SWT.  

Meski begitu, dia mengatakan tidak boleh berbohong untuk menyembunyikan amal. Karena berbohong dalam segala bentuknya dilarang kecuali dalam tiga kasus, yaitu menyelamatkan harta benda dan jiwa yang tidak bersalah dari pembunuhan, untuk menyesatkan musuh hingga untuk melanjutkan kehidupan pernikahan.

Saat ditanya seseorang yang berbohong kalau sudah memberi sedekah pada suatu masjid karena malu membeli dalam jumlah sedikit, Syekh al-Atrash tetap melarang perbuatan itu. Menurutnya, sedekah memang tidak harus dalam jumlah yang besar.  

"Yang penting sedekah ikhlas karena Allah SWT, walaupun (sedekah) hanya dengan sedikit kurma, kata Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Hendaklah bagimu untuk bertaubat dan meminta ampun kepada Allah agar sedekahmu diterima Allah SWT, Insya Allah," terangnya.   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA