Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Gerakan Donasi Udunan Online di Sukabumi Terus Digencarkan Bantu Warga

Senin 25 Jul 2022 22:07 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memberikan donasi kepada warga yang membutuhkan dari Udunan Online.com di Kecamatan Gunungpuyuh dan Citamiang, Rabu (11/8

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memberikan donasi kepada warga yang membutuhkan dari Udunan Online.com di Kecamatan Gunungpuyuh dan Citamiang, Rabu (11/8

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Langkah ini guna membantu warga dengan cepat tanpa mengandalkan APBD

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Program donasi Udunan Online yang digagas Pemkot Sukabumi dalam membantu warga yang membutuhkan terus digencarkan. Langkah ini dilakukan agar bisa membantu warga dengan cepat tanpa mengandalkan anggaran dalam APBD.

Terbaru, kegiatan yang dikelola Forum Silih Asah Asuh ini ditujukan kepada keluarga almarhum Denih Hermawan yang sakit dan meninggal dunia akibat penyakit Tumor Pankreas di Gunung Karang Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibeureum, Senin (25/7/2022). Sebelumnya program Udunan Online menggalang donasi untuk Pak Denih penderita Tumor Pankreas dan anaknya ananda Awwal penderita Cipi dan donasi yang terkumpul dan disalurkan mencapai Rp 8.185.168.

Baca Juga

'' Pemda menggulirkan platform Udunan Online sejak 2019 karena ingin mempercepat advokasi kepada warga yang membutuhkan,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Senin. Misalnya untuk membantu masyarakat sakit dan perbaikan sarana tempat tinggal yang rusak akibat bencana maupun dimakan usia.

Jika melalui pemda kata Fahmi, agak lama karena prosesnya memerlukan mekanisme perencanaan satu tahun sebelum bantuan disalurkan. Hal ini membuat pemkot menggulirkan inovasi Udunan Online yang secara teknis dikelola forum silih asah asuh.

Di mana, warga yang membutuhkan advikasi oleh forum itu dilakukan kurasi dan akan ditayangkan dalam flatporm digital. Nantinya warga yang membutuhkan itu akan mendapatkan dukungan dari warga yang memberikan donasi.

Ketika banyak warga yang berkontribusi menyumbang kata Fahmu, maka penerima manfaat akan semakin banyak. Ke depan program ini akan terus disosialisasikan kepada warga.

'' Kali ini, kami menyalurkan donasi dari udunan online untuk keluarga almarhum Pak Denih dan untuk anaknya,'' ujar Fahmi yang didampingi Kepala Dinas Sosial Punjul Saeful Hayat dan Ketua Forum Silih Asah Asuh Undang Hidayat. Kedatangannya juga untuk ikut berduka cita atas meninggalnya almarhum Pak Denih.

Menurut Fahmi, semoga dengan santunan Udunan Online ini dapat membantu keluarga almarhum Pak Denih. Selain itu mendoakan almarhum Pak Denih agar diterima segala amal ibadahnya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Ketua Forum Silih Asah Asuh Undang Hidayat mengatakan, bantuan ini langsung diserahkan kepada warga. Sehingga tidak ada potongan dari bantuan dalam program ini.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA