Selasa 26 Jul 2022 00:50 WIB

PKT Salurkan TJSL untuk Pendidikan Lewat Beasiswa

Beasiswa diberikan pada 48 anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Bontang.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
PT Pupuk Kaltim menyalurkan bantuan beasiswa PKT Peduli Pendidikan (PKTPP) 2022 untuk 48 anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim).
Foto: Pupuk Kaltim
PT Pupuk Kaltim menyalurkan bantuan beasiswa PKT Peduli Pendidikan (PKTPP) 2022 untuk 48 anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota holding Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), menjalankan arahan Menteri BUMN Erick Thohir terkait fokus program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang menyasar pada tiga sektor utama yakni pendidikan, UMKM, dan lingkungan hidup. VP TJSL PKT Anggono Wijaya mengatakan perusahaan telah menyalurkan bantuan beasiswa PKT Peduli Pendidikan (PKTPP) 2022 untuk 48 anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim).

"Beasiswa PKTPP tahun ini direalisasikan bagi masing-masing 10 pelajar SD dan SMP, 8 pelajar SMA dan SMK, serta 20 penerima tingkat perguruan tinggi dengan total bantuan Rp 4,19 miliar," ujar Anggono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (25/7/2022).

Baca Juga

Anggono mengatakan beasiswa tingkat SD hingga SMA/SMK khusus diperuntukkan bagi warga Kota Bontang, sedangkan tingkat perguruan tinggi dibuka untuk umum dengan syarat universitas dan jurusan berakreditasi A. Namun begitu, PKT memberi kelonggaran bagi peminat jurusan pertanian, dengan universitas dan jurusan minimal akreditasi B.

Anggono menilai hal ini sebagai bentuk dukungan PKT terhadap pengembangan produktivitas pertanian dalam negeri agar penerima manfaat beasiswa PKTPP kedepannya mampu berkontribusi untuk mendorong kemajuan sektor pertanian pasca menempuh pendidikan. Anggono menyampaikan program yang telah berjalan sejak 2008 ini akan memberi pembiayaan penuh selama penerima beasiswa menempuh pendidikan.

"Selain itu PKT juga memberi bantuan biaya penelitian bagi mahasiswa di tingkat akhir, agar dapat menyelesaikan studi tepat waktu. Sementara untuk tingkat SD-SMA/SMK, PKT memberikan fasilitas pembiayaan sekolah, seragam hingga buku pelajaran dan iuran lainnya," ucap Anggono.

Direktur Keuangan dan Umum PKT Qomaruzzaman mengatakan beasiswa PKTPP merupakan program rutin PKT di bidang pendidikan guna mendorong terciptanya sumberdaya manusia yang unggul di Bontang. Melalui beasiswa ini, Qomaruzzaman berharap anak berpretasi secara akademik maupun nonakademi dari keluarga kurang mampu dapat menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan baik.

“PKT peduli dengan pendidikan generasi muda Bontang, agar ke depan mampu menjadi sumberdaya unggul dan andal di berbagai bidang. Inilah dasar beasiswa PKTPT disalurkan setiap tahun," ujar Qomaruzzaman.

Selama 14 tahun berjalan, ucap Qomaruzzaman, beasiswa PKTPP telah memfasilitasi 208 penerima di tingkat perguruan tinggi, serta 153 peserta tingkat SD hingga SMA. Beasiswa ini diberikan tanpa ikatan dinas agar para penerima nantinya bebas menentukan kelanjutan karir sesuai bidang ilmu yang dimiliki sehingga mampu berkontribusi maksimal dalam pembangunan masyarakat dan daerah.

Menurut Qomaruzzaman, beasiswa PKTPP juga upaya PKT menciptakan ikatan moril dengan masyarakat di sekitar perusahaan, sebab pendidikan yang layak menjadi faktor utama penunjang kesejahteraan masyarakat. Sebab pendidikan bagi anak harus berkesinambungan, guna terwujudnya generasi penerus yang cerdas terliterasi, kreatif dan informatif.

"PKT berkomitmen untuk terus berperan dalam peningkatan kapasitas SDM melalui pendidikan, karena anak berhak untuk mendapat kesempatan belajar lebih tinggi agar menjadi generasi penerus yang terampil dan kompeten," kata Qomaruzzaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement