Senin 25 Jul 2022 18:38 WIB

Kemenag Berharap MUI Selalu Jadi Penjaga Umat

Kemenag berharap MUI selalu menjadi penjaga umat.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Foto: dok. Republika
Gedung Kemenag

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam, Prof Kamaruddin Amin, menyampaikan selamat Milad ke-47 untuk Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dirjen Bimas Islam Kemenag berharap MUI selalu menjadi penjaga umat.

"Tentu kita berharap MUI terus bisa memainkan perannya selaku penjaga umat atau penjaga gawang keberagamaan," kata Prof Kamaruddin kepada Republika, Senin (25/7/2022).

Baca Juga

Dirjen Bimas Islam Kemenag mengatakan, berharap MUI bisa terus membimbing dan mengarahkan arah keberagamaan Islam Indonesia. Berharap MUI terus bisa bersama-sama pemerintah mengarusutamakan keberagamaan yang moderat, toleran, damai, inklusif dan terus berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa.

Prof Kamaruddin mendoakan, semoga MUI di Milad ke-47 semakin bertambah besar kontribusinya dan perannya. Semoga MUI semakin besar perannya dalam mencerahkan umat dan menginspirasi kehidupan umat dan bangsa.

Ia mengatakan, selama ini MUI sudah berada di jalan yang tepat. MUI tentu sudah cukup banyak memberikan peran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Harapan kami ke depan, MUI terus fokus untuk merespon isu-isu keagamaan, terutama isu-isu sosial keagamaan, (berharap MUI) fokus di situ tanpa harus keluar dari fungsi utamanya selaku MUI," ujar Prof Kamaruddin.

Prof Kamaruddin menambahkan, MUI harus terus menginspirasi dan menjadi pemandu umat. Peran MUI sangat dibutuhkan di tengah arus globalisasi dan di tengah gempuran ideologi transnasional. MUI harus selalu berada di depan untuk terus merawat dan menjaga keberagaman di Indonesia.

Untuk diketahui, Milad MUI ke-47 mengusung tema "Merajut Kesatuan dan Kekuatan Umat Dalam Kebhinekaan." Dalam Milad MUI tahun ini digelar Halaqah Dakwah Nasional, FGD Ukhuwah Kebangsaan, dan Grand Launching Wizstren.

Dijadwalkan, Wakil Presiden Indonesia, Prof KH Ma'ruf Amin akan menghadiri Milad MUI untuk menyampaikan arahan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement