Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Sosialisasikan Lagu Anak Indonesia, Pentas KILA Digelar pada Hari Anak Nasional 2022

Senin 25 Jul 2022 13:11 WIB

Red: Muhammad Hafil

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek menggelar Pentas Kita Cinta Lagu Anak (KILA) yang bertajuk Senandung Untuk Sahabat pada Sabtu (23/7/2022).

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek menggelar Pentas Kita Cinta Lagu Anak (KILA) yang bertajuk Senandung Untuk Sahabat pada Sabtu (23/7/2022).

Foto: Dok Republika
Pentas KILA 2022 menjadi ajang apresiasi bagi para pemenang.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bertepatan dengan Hari Anak Nasional (HAN), Direktorat Perfilman, Musik, dan Media (Dit. PMM), Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek menggelar Pentas Kita Cinta Lagu Anak (KILA) yang bertajuk “Senandung Untuk Sahabat” pada Sabtu (23/7/2022). Momentum ini menjadi strategi kementerian dalam menyosialisasikan lagu anak Indonesia. 

Pentas KILA 2022 menjadi ajang apresiasi bagi para pemenang yang melahirkan karya-karya baru sekaligus menyosialisasikannya.

Baca Juga

“Para peserta lomba cipta lagu menghadirkan karya-karya terbaik mereka dengan membawa misi komunikasi positif tentang permasalahan besar yang kerap terjadi di dunia pendidikan, yaitu perundungan dan sikap intoleransi,” tutur Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, Sabtu (23/7/2022). 

photo
Para pemenang Kontes KILA. - (Dok Republika)
Gelaran ini merupakan ajang untuk menampilkan karya-karya para pemenang lomba cipta lagu dan aransemen lagu tema yang dibawakan oleh para penyanyi cilik pemenang lomba menyanyi KILA tahun 2021 dan 2022. Lomba yang telah meghasilkan bibit-bibit baru penyanyi cilik Indonesia serta lagu-lagu anak Indonesia yang bermutu ini, terdiri atas lomba cipta lagu anak, lomba menyanyi lagu anak dan daerah serta lomba aransemen lagu tema.

Kontes KILA 2022 mencakup beberapa kategori lomba yaitu Lomba Cipta Lagu Anak untuk kategori usia 5-7 tahun dan 8-13 tahun, Lomba Menyanyikan Lagu Anak kategori usia 5-7 tahun dan 8-13 tahun, dan Lomba Aransemen Lagu Tema. 

“Kontes KILA di tahun 2022 dilakukan hibrida (hybrid) di mana puncak acaranya yakni Pentas KILA akan ditayangkan di berbagai platform digital yang dikelola Kemendikbudristek,” jelas Ahmad Mahendra lebih lanjut.

Ke depan, melihat Kondisi pandemi Covid-19 yang mulai terkendali Dit. PMM akan melanjutkan sosialisasi lagu-lagu karya pemenang lomba KILA di beberapa daerah di Indonesia. Tahun 2022 ini, KILA bersama para mitra pendukung di berbagai daerah telah menyambangi kota Madiun, Yogyakarta, Bandung, Depok dan Samarinda.

photo
Anak-anak saat tampil di Pentas KILA, Sabtu (24/7/2022). - (Dok Republika)
Dorrein Isabella Latuputty Pemenang Lomba Menyanyi KILA tahun 2021 mengungkapkan kegembiraannya mengikuti lomba KILA. Selain menambah pengalaman, pertemanan yang ia jalin dengan banyak orag dari latar belakang yang berbeda, membuatnya belajar memaknai konsep keberagaman antarsesama. 

“Karena peserta KILA dating dari berbagai daerah, saya bisa lebih menghargai perbedaan, dan menghormati keberagaman. Sesuai dengan tema KILA tahun ini yakni “Anti Perundungan dan Sikap Intoleransi”,” tutur Dorrein.

Pentas KILA 2022  diselenggarakan pada tanggal 23 Juli 2022 mulai pukul 16.00 WIB bertempat di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A, Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta. Sebagai pengantar dari penyelenggaraan puncak KILA, beberapa waktu lalu telah diadakan program Bincang KILA dan beragam permainan/lomba yan digelar di berbagai platform media sosial, seperti Instagram. Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat melihat informasi tentang KILA pada media sosial KILA (IG : @kilaindonesia.id, FB : Kila Indonesia).

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA