Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

40 Masjid di Malawi Dipasang Tenaga Surya

Senin 25 Jul 2022 12:19 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

 40 Masjid di Malawi Dipasang Tenaga Surya. Foto: Masjid (ilustrasi)

40 Masjid di Malawi Dipasang Tenaga Surya. Foto: Masjid (ilustrasi)

Foto: Dok Republika
Tenaga surya dipasang di 40 masjid Malawi.

REPUBLIKA.CO.ID,ZOMBA — Seorang politikus yang juga anggota parlemen untuk distrik Zomba di Republik Malawi, Chingale Lonnie Phiri mendapatkan simpatik dari umat muslim Zomba karena kepeduliannya terhadap puluhan masjid di wilayah itu. 

Seperti dilansir Malawi24 pada Senin (25/7/2022) Phiri memasang  tenaga surya di 40 masjid di Zomba untuk memastikan penerangan yang cukup terutama ketika umat Muslim melaksanakan ibadah pada malam hari dan subuh. 

Baca Juga

Phiri yang merupakan anggota Progresif Demokratik (DPP) mengatakan dia memutuskan untuk menghubungkan masjid-masjid dengan listrik bertenaga surya untuk memungkinkan umat Muslim sholat di malam hari dan pagi hari tanpa masalah listrik. Dia menilai bahwa listrik ESCOM tidak dapat diandalkan

"Kami sangat jauh dari saluran listrik ESCOM dan inilah mengapa saya memutuskan untuk membawa listrik bertenaga surya ke masjid-masjid di daerah saya sehingga umat Muslim dapat menghadiri shalat magrib dan subuh tanpa kesulitan. Saya menggunakan uang saya sendiri bukan Dana Pembangunan Daerah," katanya.

Seorang tokoh ulama, Makalani Nankumba dari Masjid Mtembo memuji apa yang telah dilakukan Phiri karena telah membawa listrik ke masjid-masjid.

Sheikh Nankumba mengatakan listrik akan sangat membantu umat Muslim untuk melakukan sholat magrib dan sholat subuh.

Dia mengamati bahwa ini adalah pertama kalinya seorang anggota parlemen memberikan bantuannya kepada masjid.

“Ini adalah pertama kalinya seorang anggota parlemen di daerah ini berpikir untuk menghubungkan masjid dengan listrik dan ini akan membantu untuk menyediakan penerangan yang cukup selama sholat malam dan sholat subuh bahkan selama salat puasa,” tambah Sheikh Nankumba.

Dia juga meminta anggota parlemen untuk mengebor lubang bor di dalam masjid dengan mengatakan air adalah elemen kunci untuk sholat.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA