Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Beri Apresiasi untuk Guru PAUD Seluruh Indonesia, Askrindo Gelar Malam Penghargaan

Senin 25 Jul 2022 09:43 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Malam apresiasi APIA 2022 untuk para guru PAUD di Indonesia.

Malam apresiasi APIA 2022 untuk para guru PAUD di Indonesia.

Foto: Dok. Bumn
Guru PAUD diyakini jadi awal dari lahirnya generasi emas.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Bertepatan dengan Hari Anak Nasional serta terus menunjukan komitmennya memperhatikan Guru Guru PAUD di seluruh Indonesia, BUMN Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo menggelar Askrindo PAUD Institute Awards 2022 atau APIA 2022 untuk kedua kalinya. Kegiatan ini diselenggarakan di Pendopo Taman Siswa Yogyakarta, Sabtu malam (23/7/2022).

Direktur Utama Askrindo, Priyastomo menjelaskan, kegiatan Askrindo PAUD Institute Award 2022 bertujuan untuk memberikan rekognisi serta apresiasi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD se Indonesia. "Kami ingin menekankan bahwa Askrindo berkomitmen mendukung serta memperhatikan para Guru PAUD yang telah menjalankan perannya secara optimal dalam mendorong peningkatan layanan PAUD berkualitas secara holistic dan integrative," ujarnya.

Baca Juga

Ia melanjutkan, perhatian Askrindo kepada Guru dan Pengelola PAUD memang tak main main, program TJSL Askrindo bahkan menyentuh yang tak tersentuh. Jika selama ini akses kesempatan bagi Guru PAUD sangatlah terbatas, Askrindo justru hadir untuk melayani bahkan memberikan penghargaan melalui PAUD Awards.

Sikap heroik dan pantang menyerah dari para Guru PAUD yang statusnya pengajar non formal dan berada di daerah 3T serta di pelosok negeri menggugah Askrindo untuk mengangkat harkat mereka melalui program penghargaan di enam kategori. Sebanyak 1009 guru dari seluruh Indonesia antusias mengikuti kompetisi yang dilombakan. Beberapa kategori tersebut antara lain kategori lomba mendongeng, kategori lomba mencipta lagu, kategori lomba guru heroik, kategori lomba guru inovatif, kategori lomba pengelola PAUD visioner, dan kategori lomba Bunda PAUD Kreatif. 

"Kami sudah sepantasnya Guru Guru PAUD diberikan apresiasi karena mereka telah mendedikasikan diri serta menjadi garda terdepan dalam mencerdaskan dan membangun karakter generasi penerus, dimana hal ini sesuai komitmen Askrindo dalam bidang pendidikan," ujar Priyastomo.

Ia menambahkan, Guru PAUD ini merupakan awal dari niatan Askrindo untuk membantu mencetak Generasi Emas indonesia yang merupakan program pemerintah Indonesia. "Selain kita menginisiakan serta menyelenggaran PAUD Award ini, kami (Askrindo) juga telah memberikan kesempatan belajar kepada para guru PAUD melalui Diklat berjenjang tingkat dasar yang berjumlah 34 orang dari Sabang sampai Marauke, lalu membantu memberikan sertifikasi kepada 6.500 Guru PAUD dan juga membantu meningkatkakan pendapatan mereka dengan mendirikan Warung PAUD yang sudah tersebar di 15 PAUD," lanjutnya.

Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian BUMN dan Ikatan Istri Pimpinan BUMN, Liza Erick Thohir dalam sambutan secara daring berharap, kedepannya lebih banyak melibatkan Guru Guru PAUD untuk kegiatan berkelanjutan lainnya. "Kegiatan ini memberikan penghargaan kepada Guru Guru PAUD atas dedikasinya diseluruh Indonesia. Serta hal ini menujukan usaha maksimal untuk memajukan pendidikan di Indonesia," ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur Bisnis Indonesia Financial Group (IFG), Pantro Pander Silitonga mengatakan, IFG selaku Holding Asuransi dan Penjaminan BUMN sangat mendukung kegiatan apresiasi terhadap para Guru Guru PAUD. Dirinya mengatakan, peran Guru PAUD sangat penting guna membangun insan yang berakhlak dan kompeten dan dimulai dari usia dini.

"Kegiatan awarding ini memberikan semangat kepada Guru Guru PAUD di seluruh Nusantara, ada 1.000 peserta dari berbagai daerah yang ikut dalam kegiatan ini dan saya merasakan langsung keharuan saat mereka meraih award tersebut. Selain itu, melihat perjuangan para Guru Guru PAUD dan mereka patut diberikan apresiasi," kata Pantro.

Asisten Deputi Bidang TJSL, Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan apresiasi kepada Guru PAUD ini merupakan pacuan serta ajang kreatifitas guna menciptakan generasi emas yang cerdan dan ber-Akhlak. "Kreatifitas dapat terus ditingkatkan dan berawal dari passion," ujar dia.

Senada dengan itu, Asisten Deputi Bidang Jasa Keuangan, Kementerian BUMN, M Khoerur Roziqin mengatakan, kegiatan memberdayakan Guru Guru PAUD ini langsung masuk kedalam tiga prioritas Menteri BUMN yaitu pendidikan, UMKM dan Lingkungan. "Askrindo membantu dengan menggelar pelatihan Guru PAUD dan itu masuk kedalam prioritas Pendidikan, Warung PAUD masuk prioritas UMKM serta lingkungannya karena masuk kedalam grassroot kelingkungan yang paling bawah," ujarnya.

Roziqin berharap, kegiatan Askrindo berskala nasional ini terus dilakukan tiap tahunnya dan menjadi kegiatan berkelanjutan agar berdampak bagi positif bagi Indonesia. "Ini sejalan dengan visi dan misi Kementerian BUMN, jadi diharapkan kegiatan ini akan terus terselenggara dan lebih besar lagi tiap tahunnya," kata dia.

Sebelum menggelar malam penghargaan ini, Askrindo sejak lama telah menaruh perhatian kepada para Guru PAUD. Seperti dilansir dari Antara, melalui program Askrindo Pintar, BUMN itu melakukan sosialisasi bagi 240 peserta yang terdiri dari tenaga pendidik PAUD, SD dan SMP, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta kegiatan Pelatihan Guru PAUD se-Provinsi Lampung yang diikuti 235 Guru PAUD, serta ditutup dengan memberikan Mobil Literasi (Mobil Pintar) kepada PAUD Lampung Tengah.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kami bersama Komnas PA fokus dalam hal melakukan sosialisasi Undang-undang Perlindungan Anak, dalam upaya mencegah potensi kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi anak di Indonesia," kata Direktur Kepatuhan, SDM dan Manajemen Risiko Askrindo Kun Wahyu Wardana.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA