Selasa 26 Jul 2022 05:33 WIB

5 Nutrisi yang Buat Suasana Hati Jadi Bahagia

Tubuh manusia memiliki empat hormon yang mendorong kebahagiaan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Cokelat hitam merupakan salah satu jenis makanan yang bisa membangkitkan hormon bahagia.
Foto: Flickr
Cokelat hitam merupakan salah satu jenis makanan yang bisa membangkitkan hormon bahagia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Tidak semua hari suasana hati seseorang bisa bersinar dan cerah. Akan selalu ada saat-saat ketika seseorang tidak bisa menahan perasaan risau.

Dalam situasi seperti itu, beberapa kembali stres dan kemudian makan sembarangan yang tidak mendukung kesehatan.  

Baca Juga

Dilansir dari timesnownews pada Senin (25/7/2022), ketika suasana hati dan tingkat energi rendah, tubuh membutuhkan dorongan hormon bahagia untuk memperbaiki keadaan. Tubuh manusia memiliki empat hormon yang mendorong kebahagiaan, kesenangan dan perasaan positif ini termasuk oksitosin, serotonin, dopamin dan endorfin.

Berikut lima makanan yang dapat membantu mengaktifkan hormon bahagia dan meningkatkan suasana hati:

1. Cokelat Hitam

Bicara tentang hormon bahagia dan cokelat kaya kakao adalah rajanya.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memakan cokelat bisa memberi tubuh endorfin alami.

2. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, walnut dan biji rami dalam makanan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan mood. Makanan ini kaya triptofan, senyawa yang mendukung sekresi serotonin untuk mengurangi risiko depresi.

3. Hidrasi

Minum air pertama di pagi hari untuk tetap terhidrasi dan untuk membuang racun dari tubuh secara alami sehingga memberikan dorongan hormon bahagia.

4. Makan yang Mengandung Vitamin C

Amla, beri, lemon dan jeruk mengandung vitamin C tingkat tinggi dan bisa meningkatkan pelepasan oksitosin dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan.

5. Makanan Kaya Folat 

Makanan kaya vitamin B12 atau folat telah terbukti efektif dan membantu pasien yang berjuang dengan kecemasan dan depresi.  Cobalah makan banyak sekali telur, kacang-kacangan, asparagus dan sayuran berdaun hijau untuk membangkitkan semangat secara alami.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement