Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Apresiasi Pelatih Persib Bandung untuk Pemain Promosi

Senin 25 Jul 2022 07:40 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts.

Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Robert kembali menurunkan Beckham Putra dan memberikan debut bagi Robi Darwis.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung boleh gagal membawa poin penuh atas Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Ahad (24/7/2022). Namun ada catatan positif yang terjadi di laga itu.

Salah satunya adalah keberanian pelatih Persib, Robert Rene Alberts, dalam memberikan menit bermain bagi pemain muda. Robert kembali menurunkan Beckham Putra dan memberikan debut bagi Robi Darwis sejak menit pertama.

Baca Juga

Sayangnya Beckham harus ditarik keluar karena cedera. Robert mengakui pergantian pemain di pertandingan itu di luar kendali. Hal ini karena Persib menggunakan jatah pergantian pemain untuk mengganti pemain cedera, bukan untuk mengubah taktik.

"Ketika kami mendapatkan bola, transisi berjalan baik karena Beckham ada di sana dan dia sangat berpengaruh pada bagian penyerangan kami. Ketika dia ditarik keluar dan posisinya digantikan Frets, ada perbedaaan gaya bermain dan itu memberikan dampak," kata Robert usai laga.

Pelatih asal Belanda ini pun memberikan apresiasi khusus bagi pemain debutan promosi Diklat Persib, Robi Darwis. Bertindak sebagai pemain gelandang bertahan, Robi mampu menghentikan ruang gerakan lawan yang masuk ke lini pertahanan Persib.

"Robi ini laga pertamanya dan saya memberikan selamat karena menjalankan tugasnya dengan baik di laga debutnya," kata Robert.

Robert tidak membahas kesalahan Robi di babak pertama yang menyebabkan tim kebobolan lebih dulu. Bagi Robert, itu adalah awal yang baik mengingat ini kali pertama Robi bermain di level profesional.

"Ada perbedaan antara bermain di level akademi dengan di tim utama dengan level tertinggi seperti ini. Jadi dia sudah tampil dengan baik," kata Robert.

Robert mengakui tidak banyak perubahan taktik yang dilakukan oleh Persib. Persib bahkan gagal menjaga keunggulan karena banyaknya pemain yang ditarik di tengah laga.

"David juga menderita cedera dan memberikan dampak terutama dalam situasi bola mati karena kami tidak memiliki banyak pemain tinggi, hanya ada Nick dan David, jadi tentu saja memberi dampak," jelas Robert. "Kami terpaksa melakukan pergantian pemain karena cedera sehingga tak bisa melakukan pergantian taktikal. Mungkin hanya satu pergantian taktikal ketika Dedi masuk di pergantian babak untuk memperkuat lini tengah setelah keluarnya Beckham."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA