Ahad 24 Jul 2022 04:28 WIB

Anak perusahaan Hyundai di Alabama Fokus Investigasi Pekerja Anak

Anak usaha ini memasok suku cadang untuk beberapa mobil dan SUV Hyundai.

Rep: Mabruroh/ Red: Nidia Zuraya
Logo Hyundai (ilustrasi).
Foto: Flickr
Logo Hyundai (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Regulator negara membuka penyelidikan pada Jumat (22/7/2022) menyusul laporan berita bahwa anak perusahaan Hyundai di Alabama menggunakan pekerja anak di pabrik stamping logamnya.

Dalam laporan Reuters mengungkapkan  bahwa anak-anak berusia 12 tahun dipekerjakan di pabrik SMART Alabama di Luverne, yang memasok suku cadang untuk pabrik perakitan AS unggulan pembuat mobil Korea Selatan di dekat Montgomery.

Baca Juga

Outlet berita mengatakan mereka mengetahui pekerja di bawah umur menyusul hilangnya seorang gadis muda di Alabama. Polisi di kota Enterprise, yang membantu menemukan gadis itu, mengatakan kepada Reuters bahwa dia dan dua saudara kandungnya pernah bekerja di SMART. 

Gadis itu dan saudara laki-lakinya tidak bersekolah dan telah bekerja di pabrik sejak awal tahun ini. SMART tentu saja menyangkal dengan sengaja telah mempekerjakan anak di bawah umur.

“Departemen Tenaga Kerja Alabama sekarang berkoordinasi dengan badan-badan lain, termasuk Departemen Tenaga Kerja AS, untuk mulai menyelidiki masalah ini,” kata juru bicara badan negara itu dilansir dari The Washington Post, Sabtu (23/7).

“Undang-undang Alabama melarang anak di bawah usia 16 tahun untuk bekerja di lingkungan manufaktur,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa terlepas dari entitas apa yang membayar anak di bawah umur, kehadiran orang di bawah umur saja yang diperlukan untuk membangun pekerjaan. “Mereka berada di pabrik SMART, mereka adalah karyawan SMART sejauh menyangkut Hukum Pekerja Anak Alabama,” kata Tara Hutchison, juru bicara negara bagian.

Gadis itu berusia 14 bulan ini, dan saudara laki-lakinya berusia 12 dan 15 tahun. Ketiganya bekerja untuk SMART.

Pejabat tenaga kerja federal mengatakan bahwa agensi tersebut mengetahui laporan Reuters tetapi tidak dapat mengomentari penyelidikan terbuka atau tindakan yang tertunda.

Manajer umum administrasi bisnis di SMART, Gary Sport mengatakan perusahaan "menolak tuduhan bahwa mereka secara sadar mempekerjakan siapa pun yang tidak memenuhi syarat untuk pekerjaan" di bawah undang-undang negara bagian dan federal setempat. 

Dalam sebuah pernyataan kepada The Post, Sport mengatakan perusahaan bergantung pada agen tenaga kerja sementara untuk mengisi posisi terbuka dan jika mengetahui bahwa pekerja tidak memenuhi syarat untuk pekerjaan, mereka segera dipindahkan dari tempat tersebut.

Dalam sebuah pernyataan hari Jumat, Hyundai mengatakan bahwa mereka tidak mentolerir praktik ketenagakerjaan ilegal. “Kami memiliki kebijakan dan prosedur yang mengharuskan kepatuhan terhadap semua undang-undang lokal, negara bagian, dan federal.”

Polisi di kota Enterprise, tempat keluarga gadis itu tinggal, tidak memiliki yurisdiksi dalam kasus hukum perburuhan dan meneruskan masalah tersebut ke kantor jaksa agung negara bagian. Namun belum ada tanggapan dari kejaksaaan agung.

Reuters mengatakan ayah anak-anak itu, Pedro Tzi, mengatakan bahwa ketiga anaknya telah didaftarkan untuk sekolah. Anak-anak itu termasuk di antara kelompok pekerja di bawah umur yang lebih besar yang menemukan pekerjaan di pemasok milik Hyundai selama beberapa tahun terakhir.

Mengutip wawancara dengan selusin mantan karyawan pabrik dan perekrut tenaga kerja, beberapa dari anak di bawah umur ini, telah meninggalkan sekolah untuk bekerja dalam shift panjang di pabrik, fasilitas yang luas dengan riwayat pelanggaran kesehatan dan keselamatan yang terdokumentasi, termasuk bahaya amputasi.

Hyundai adalah salah satu pembuat mobil paling menguntungkan di dunia, mencatat pendapatan hampir 90 miliar dolar tahun lalu.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement