Sabtu 23 Jul 2022 06:17 WIB

Lion Air Tegaskan Pengelola Bandara Halim Bukan Anak Usahanya

PT ATS tidak lagi menjadi anak usaha Lion Air Group sejak Desember 2020.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Lion Air Tegaskan Pengelola Bandara Halim Bukan Anak Usahanya (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Lion Air Tegaskan Pengelola Bandara Halim Bukan Anak Usahanya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Pengelola Bandara Halim kini sudah dialihkan dari PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) kepada PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS). Pascaputusan tersebut, sempat dikabarkan PT ATS merupakan anak usaha Lion Air Group namun hal tersebut kini ditepis. 

“Lion Air menyatakan PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS) tidak lagi menjadi bagian dari Lion Air Group,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (22/7/2022). 

Baca Juga

Danang menuturkan, PT ATS tidak lagi menjadi anak usaha Lion Air Group sejak Desember 2020. Untuk itu, Danang menegaskan bahwa Lion Air Group tidak terlibat atau terkait dalam pengelolaan Bandara Halim Perdanakusuma.

Saat ini pemegang konsesi Bandara Halim Perdanakusuma adalah PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS) sesuai putusan Mahkamah Agung (MA) nomor 527/PK/PDT/2015. PT ATS kini merupakan anak perusahaan PT Whitesky Airport Asia dan saat ini tengah menyiapkan pengembangan. 

“PT ATS juga sedang mempersiapkan proses pengembangan dalam pembangunan Terminal di Bandara Halim Perdanakusuma,” kata CEO Whitesky Group Denon Prawiraatmadja dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (22/7/2022). 

Dia menjelaskan saat ini rangkaian kegiatan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma masih terus berjalan. Denon mengatakan saat ini tengah dilakukan perampungan pengerjaan landasan landasan pacu.

Denon menuturkan pascaputusan tersebut, saat ini merupakan masa transisi setelah tidak beroperasinya PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) di Bandara Halim Perdanakusuma. Denon memastikan aset AP II yang masih berada di dalam area bandara Halim Perdanakusuma tetap dimiliki operator bandara pelat merah itu. 

“Sementara ini pengendalian kegiatan di Bandara Halim Perdanakusuma berada dibawah Komandan Lanud Halim Perdanakusuma,” ujar Denon. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement