Sabtu 23 Jul 2022 04:45 WIB

Bingung Habiskan Akhir Pekan? Galeri Nasional Ajak Ekspresikan Diri Lewat Karya Seni

Galeri Nasional Indonesia menggelar workshop dalam rangka hari anak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Galeri Nasional Indonesia menggelar workshop "Lukiskan Ekspresimu dengan Tangan dan Kaki" untuk memperingati hari anak nasional. Acara yang berlangsung Sabtu (23/7/2022) itu ditujukan bagi anak-anak berusia empat sampai delapan tahun, mencakup anak-anak dari Yayasan Felicia Angle Kids serta masyarakat umum. 

Acara juga menjadi rangkaian program utama Galeri Nasional Indonesia 2022 yaitu Pameran Seni Rupa Kontemporer Indonesia "Manifesto VIII: Transposisi". Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto, mengatakan pameran seni rupa kebanyakan dikemas untuk audiens orang dewasa.

 

Pada gelaran Pameran Manifesto tahun kedelapan, Galeri Nasional Indonesia berinisiatif memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk dapat ikut menikmati dan memahami karya-karya yang dipamerkan. Anak-anak diajak berimajinasi serta mengembangkan kreativitas untuk membuat karya seni versi mereka.

 

"Program Galeri Nasional Indonesia ini mengoneksikan anak-anak dengan pameran seni rupa yang audiens utamanya adalah orang dewasa, sekaligus merupakan program rintisan untuk mewujudkan ruang anak Galeri Nasional Indonesia," ujar Pustanto lewat pernyataan resminya.

 

Dipandu Gie Sanjaya (kurator edukasi seni rupa independen) dan Aola Romadhona (edukator Galeri Nasional Indonesia), workshop akan menyuguhkan kepada anak-anak karya-karya dalam pameran "Manifesto VIII: Transposisi" dan Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia. 

 

Karya-karya tersebut merupakan pemantik untuk memunculkan persepsi, imajinasi, ekspresi, dan kreativitas anak. “Masa anak-anak merupakan masa keemasan untuk berekspresi secara kreatif. Kadar kreativitas yang dimiliki anak masih sangat tinggi dan anak-anak dapat mengolah seni secara wajar dan spontan," kata Gie Sanjaya.

 

Anak-anak kemudian diajak untuk menggambar ekspresi secara bersama-sama selama satu sampai 1,5 jam pada kanvas berukuran 1,5 x 2 meter, dengan cat yang berbahan aman untuk anak. Melalui satu buah pertanyaan yang akan disampaikan kepada anak-anak yakni "apa itu seni?", anak-anak akan menggali imajinasi secara spontan, bisa menggunakan tangan atau kaki.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement