Jumat 22 Jul 2022 20:24 WIB

Pemkab Kulon Progo Dapat Tambahan Vaksin PMK 1.300 Dosis

Pemkab Kulon Progo mendapatkan tambahan vaksin PMK sebanyak 1.300 dosis.

Veteriner Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan melakukan vaksinasi penyakit PMK ke ternak warga di Yogyakarta. Pemkab Kulon Progo mendapatkan tambahan vaksin PMK sebanyak 1.300 dosis.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Veteriner Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan melakukan vaksinasi penyakit PMK ke ternak warga di Yogyakarta. Pemkab Kulon Progo mendapatkan tambahan vaksin PMK sebanyak 1.300 dosis.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendapat tambahan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sebanyak 1.300 dosis untuk vaksin kedua dan ternak baru.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulon Progo Aris Nugroho di Kulon Progo, Jumat (22/7/2022), mengatakan sebanyak 1.300 dosis tersebut rinciannya 300 dosis untuk ulangan vaksin kedua dan 1.000 dosis untuk ternak baru.

Baca Juga

Ia mengatakan laporan dari tim vaksinasi, tim vaksinasi wilayah utara dilaksanakan vaksinasi 21 Juli di Desa Wijimulyo sebanyak 110 ekor. Kemudian tim vaksinasi wilayah selatan pada 21 Juli di Desa Ngestharjo sebanyak 200 ekor. Kemudian, sisanya di wilayah lainnya.

"Pada 21 Juli sudah terealisasi 399 dosis lokasi," katanya.

Ia mengatakan wilayah yang menjadi sasaran vaksin penyakit mulut dan kuku dengan zona hijau. Hal ini mengantisipasi daerah hijau, ternak tidak tertular PMK.

"Kami menargetkan vaksin hewan ternak selesai akhir Juli ini," katanya.

Dia mengatakan angka populasi ternak di Kabupaten Kulon Progo sejumlah 187.745 ekor. Saat ini, DPP Kulon Progo sedang berupaya terus menerus untuk melaksanakan pengendalian PMK ini dengan dukungan aparat TNI dan Polri.

"Kami berupaya menekan penyebaran PMK," katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana mengatakan vaksinasi ini merupakan upaya nyata pemerintah didukung sinergitas lintas sektoral dalam mencegah dan menangani penyebaran wabah PMK di Kabupaten Kulon Progo.

"Ini bagian dari upaya riil kita untuk mengatasi PMK di Kulon Progo, kita berharap kerjasama lintas sektor terus bareng-bareng sinergi untuk mengatasi PMK di Kulon Progo, dan laporan dari Dinas Pertanian DIY, di Kulon Progo paling tinggi tingkat kesembuhannya se-DIY," kata Tri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement