Jumat 22 Jul 2022 19:40 WIB

Grab, Emtek, Bukalapak Percepat Digitalisasi UMKM di Tiga Kota

Program akselerator ini menargetkan untuk menjangkau lebih dari 15 ribu UMKM.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Warga melakukan pembayaran menggunakan fitur pemindai QRIS di Pasar Nyanggelan, Desa Panjer, Denpasar, Bali, Jumat (1/4/2022). Grab, Emtek, dan Bukalapak hari ini mengumumkan kelanjutan program percepatan digitalisasi untuk UMKM di tiga kota di Indonesia yaitu Gowa, Malang dan Pekanbaru melalui program
Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Warga melakukan pembayaran menggunakan fitur pemindai QRIS di Pasar Nyanggelan, Desa Panjer, Denpasar, Bali, Jumat (1/4/2022). Grab, Emtek, dan Bukalapak hari ini mengumumkan kelanjutan program percepatan digitalisasi untuk UMKM di tiga kota di Indonesia yaitu Gowa, Malang dan Pekanbaru melalui program "Kota Masa Depan" (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grab, Emtek, dan Bukalapak hari ini mengumumkan kelanjutan program percepatan digitalisasi untuk UMKM di tiga kota di Indonesia yaitu Gowa, Malang dan Pekanbaru melalui program "Kota Masa Depan" (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan).

Program akselerator ini menargetkan untuk menjangkau lebih dari 15 ribu UMKM dan juga fokus pada upaya digitalisasi para pedagang pasar tradisional. Hal itu sebagai tambahan dari pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan UMKM melalui teknologi digital.

Baca Juga

"Tak hanya untuk mendorong UMKM mengembangkan usaha mereka dan menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi digital, program ini juga didasarkan pada rasa percaya kami bahwa masa depan besar justru ada di kota kecil," kata Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam keterangan pers yang diterima pada Jumat (22/7/2022).

Berbeda dari tahap sebelumnya, program Kota Masa Depan tahap lanjutan ini akan memperluas jangkauan percepatan digitalisasi untuk lebih banyak UMKM di Indonesia melalui kehadiran laman web diisi dengan berbagai informasi. Adapun informasi yang dihadirkan termasuk bagaimana membangun usaha digital di platform yang aman dan terpercaya, juga program webinar yang dapat diikuti oleh lebih banyak peserta sebagai tambahan dari program-program pelatihan dan pendampingan yang telah dijalankan.

 

UMKM yang mengikuti program akselerasi ini juga akan dibekali dengan modul-modul yang dapat dipelajari secara mandiri (self-learning) dan fleksibel dari segi waktu. Selain itu, UMKM terpilih juga mendapatkan tambahan manfaat berupa bantuan promosi di aplikasi Grab dan Bukalapak, serta dukungan publikasi dari jaringan media Emtek.

"Kolaborasi strategis antara ekosistem digital Emtek dan Grab serta Bukalapak sebagai bagian dari ekosistem perusahaan teknologi di Indonesia ini bertujuan untuk memperkuat infrastruktur digital dan membangun ekonomi digital yang lebih inklusif khususnya bagi UMKM di Indonesia," ujar Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi, Tbk, Sutanto Hartono.

"Jangkauan yang lebih luas artinya kami dapat bersama-sama menciptakan dampak yang lebih luas juga. Hal inilah yang kami harapkan dapat tercapai dengan menggabungkan infrastruktur, jaringan, dan ekosistem digital Grab, Emtek, dan Bukalapak," ujar President Bukalapak Teddy Oetomo, menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement