Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Warga Depok Berbondong Daftar WUB, Bojongsari Pendaftar Terbanyak

Jumat 22 Jul 2022 18:22 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah

Warga Serua, Bojongsari berbondong-bondong mendatangi Kelurahan Serua untuk mendaftar Wira Usaha Baru Kota Depok 2022.

Warga Serua, Bojongsari berbondong-bondong mendatangi Kelurahan Serua untuk mendaftar Wira Usaha Baru Kota Depok 2022.

Foto: Istimewa
Hingga saat ini tercatat sudah ada 3.350 calon peserta yang mendaftar.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Minat warga yang mengikuti pendaftaran Wira Usaha Baru (WUB) Kota Depok 2022, terus mengalir. Sejak dibuka pendaftarannya mulai 7 Juli 2022 lalu, hingga Kamis (21/7/2022) tercatat sudah ada 3.350 calon peserta yang mendaftar. 

Dari 11 kecamatan yang ada di Kota Depok, lima kecamatan terbanyak pendaftarnya yakni Bojongsari 587 orang, Sawangan 505 orang, Tapos 370 orang, Pancoran Mas 357 orang dan Beji sebanyak 337 orang. Pendaftaran akan dibuka hingga kuota terpenuhi. Pemkot Depok menargetkan dari peserta yang mendaftar akan terseleksi 2.100 orang. Mereka akan mengikuti sejumlah pelatihan yang berlangsung selama enam bulan.  

Baca Juga

Upaya mengajak calon pengusaha dilakukan di setiap kecamatan dengan pengerahkan pendamping UMKM di tiap keluarahan. Seperti yang nampak di Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, sejak Rabu (20/7/2022) terlihat warga berbondong-bondong mendaftarkan diri ke posko Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Serua. Para pendaftar WUB ini akan diseleksi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, dan mendapat pelatihan selama enam bulan ke depan.

Pendamping WUB UMKM Kelurahan Serua, Yudhasari Pardikan, mengatakan di posko pendaftaran ini para pendaftar WUB dibantu untuk mengunggah data secara daring. “UMKM the best. Produknya keren semua. Jadi semangat UMKM Serua bersama-sama jadi pengusaha. Jangan jadi benalu, kita harus jadi pembuka rezeki bagi teman-teman lain,” kata Yudhasari.

Pembina dan Pemerhati UMKM Bojongsari, Eis Rahmawati, mengatakan banyak pendaftar WUB yang kesulitan mendaftar secara daring. Sehingga pihaknya membantu untuk mendaftarkannya di posko tersebut. “Kami disini dibantu oleh UMKM Kelurahan Serua,” tuturnya.

Pendamping WUB UMKM Kecamatan Bojongsari, Aries Hermawan, menyebutkan warga yang berbondong-bondong mendaftar WUB tercatat mencapai ratusan.

“Semoga dengan pendaftaran yang kita buka secara online mampu menambah antusias warga dalam mengikuti WUB. Semangat terus agar Depok semakin sejahtera,” ujarnya.

Salah seorang pendaftar, Firman (26 tahun), mengaku UMKM sangat bermanfaat untuk jenjang hidupnya ke depan. Karena itu, Firman mendaftarkan diri ikut WUB melalui UMKM Serua agar mendapat pelatihan.

Pendaftar lain bernama Nani, berharap produknya bisa semakin berkembang. “Saya juga semoga bisa bertambah relasi, dan semakin sukses ke depannya,” ucap Nani.

Beberapa produk unggulan dari Serua yang antara lain Sambel Mak Gendhis, Pizza Salato, Mpon Mpon, dan Pisang Lumer Jaunic dan lainnya. Owner dari produk-produk tersebut semuanya merupakan alumni WUB yang dilaksakana periode sebelumnya. 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA