Jumat 22 Jul 2022 18:06 WIB

Masjid Nabawi Miliki Fasilitas Terbesar di Dunia

Fasilitas Masjid Nabawi termasuk toilet, tempat parkir, lift, dan keran wudhu.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Toilet laki-laki di di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Masjid Nabawi Miliki Fasilitas Terbesar di Dunia
Foto: SPA
Toilet laki-laki di di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Masjid Nabawi Miliki Fasilitas Terbesar di Dunia

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Fasilitas pelayanan di halaman Masjidil Nabawi adalah salah satu fasilitas infrastruktur terbesar di dunia. Fasilitas di Masjid Nabawi memang telah dirancang melayani peziarah Muslim dari seluruh dunia. 

 

Baca Juga

Dilansir dari Riyadh Daily, Jumat (22/7/2022), fasilitas pelayanan dirancang dengan cara rekayasa yang khas dan dengan konstruksi yang cocok untuk Masjid Nabawi dengan dua lantai bawah tanah. Total luas diperkirakan mencapai 199 ribu meter di bawah halaman masjid.

Sebanyak 19 fasilitas terhubung ke toilet dan parkir mobil, serta lima fasilitas khusus untuk wanita. Dilengkapi juga dengan lebih dari 112 tangga listrik dan 12 lift di fasilitas timur dan selatan. Fasilitas tersebut juga mencakup 2.782 toilet dan 7.500 keran wudhu.

 

 

Fasilitas tersebut juga mencakup 24 pintu keluar untuk parkir mobil, delapan di antaranya dialokasikan untuk pelanggan dan 16 untuk pembayaran tunai. Masing-masing unit mampu menampung lebih dari 184 mobil dan sudah dilengkapi dengan 48 perangkat pembayaran mandiri, dan termasuk unit khusus yang dialokasikan untuk disabilitas. 

Fasilitas tersebut juga mencakup tempat parkir mobil yang terletak di empat arah dan mengelilingi halaman Masjid Nabawi. Tempat parkir dilengkapi dengan sistem keamanan canggih untuk memantau dan melestarikan properti melalui 679 kamera canggih. Pengelola tetap menempatkan penjaga keamanan untuk mengambil tindakan pencegahan keselamatan yang diperlukan.

 

Tersedia juga peralatan lebih dari 800 alat pemadam kebakaran, 190 selang kebakaran, dan 22.915 layar tahan kebakaran. Badan Kepresidenan Umum Urusan Masjid Nabawi ingin menyediakan layanan terpadu, termasuk desinfeksi, sterilisasi, dan sanitasi toilet di fasilitas sebanyak enam kali sehari. Pekerja menggunakan 6.000-8.000 liter deterjen dan bahan pembersih untuk membersihkan fasiitas tersebut.

http://alriyadhdaily.com/article/b7a9e5c2871048cc92acff479d328fa6

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement