Jumat 22 Jul 2022 12:41 WIB

Mendag Pantau Harga Bahan Pokok Pasar Cibinong Bogor

Sejumlah komoditas harganya mulai turun dan stabil.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Cibinong, Bogor, Jumat (22/7/2022).
Foto: Republika/Dedy Darmawan
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Cibinong, Bogor, Jumat (22/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan atau Zulhas meninjau Pasar Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor pada Jumat (22/7). Dalam tinjauannya, harga bahan pokok seperti minyak goreng, bawang, cabai, beras, dan sayuran mulai turun dan stabil.

Zulhas menyebutkan, harga minyak goreng curah di pasar-pasar sudah berada di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 14 ribu. Bahkan di pulai Jawa-Bali, Kalimantan, dan Sulawesi Selatan sebagian besar sudah mencapai Rp 14 ribu dan di bawahnya.

Baca Juga

“Alhamdulillah sekarang kelihatan harga harga sudah jauh lebih turun, jadi kalo minyak goreng sudahlah. Rata-rata sudah di Rp 13 ribu sampai Rp 13.500 per liter,” kata Zulhas kepada awak media, Jumat (22/7/2022).

Sementara itu, lanjut dia, harga sembako seperti beras, telur, dan ayam mulai stabil. Ia pun melihat penurunan harga bawang merah dan cabai yang cukup banyak.

 

Zulhas menyebutkan, harga bawang merah yang semula di angka Rp 70 ribu per kilogram menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Sedangkan cabai dari Rp 140 ribu per kilogram menjadi Rp 70 ribu per kilogram. “Artinya kita perlu bersyukur bahan-bahan ada, ketersediaan ada, harga terjangkau kita syukuri,” tuturnya.

Di samping itu, ia mengaku sedang menyiapkan minyak goreng dengan jumlah besar-besaran ke wilayah Papua dan Maluku. Dengan tujuan agar harga minyak goreng di kedua wilayah tersebut ikut turun.

“Di sana masih mahal masih 23 ribu di Papua dan Maluku karena di sana memang tidak ada minyak curah jadi susah,” pungkasnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement