Kamis 21 Jul 2022 22:47 WIB

Apa Target Pelatnas Timnas Basket Selanjutnya di Tengah 'Sepinya' Turnamen? Ini Jawabannya

Pekan depan, Marques Bolden akan dipulangkan ke Amerika Serikat.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pebasket timnas Indonesia Marques Bolden melakukan shooting saat melawan Cina dalam babak playoffs Fiba Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (18/7/2022). Pada pertandingan itu Indonesia kalah dengan skor 58-108.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pebasket timnas Indonesia Marques Bolden melakukan shooting saat melawan Cina dalam babak playoffs Fiba Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (18/7/2022). Pada pertandingan itu Indonesia kalah dengan skor 58-108.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjuangan Timnas basket putra di ajang FIBA Asia Cup 2022 sudah usai. Namun kebersamaan Mereka di Pelatnas masih tetap dipertahankan, bahkan akan ada tambahan sejumlah pemain muda. Target selanjutnya adalah mempertahankan medali emas SEA Games.

Manajer Timnas Basket Putra Indonesia Jeremy Imanuel Santoso saat jumpa pers dengan media, di Kantor PP Perbasi lantai 8 GBK, Arena Senayan, Jakarta, Kamis (21/7/2022) mengungkapkan hal tersebut.

Baca Juga

"Atas nama tim saya memberikan apresiasi atas dukungan dari pencinta basket, baik yang datang langsung atau via medsos. Juga terimakasih kepada Perbasi yang selalu dukung timnas, media dan sponsor," kata dia.

"Apa yang kita lewati bukan hanya 4-5 bulan ini saja. PP Perbasi sudah pikirkan ke depannya. Selanjutnya kita fokus ingin  mempertahankan medali emas SEA Games 2023, kemudian tahun depan juga akan ada Asian Games 2023 dan event FIBA lainnya," kata Jeremy.

Jeremy menambahkan, timnas senior secara formal belum dibubarkan, bahkan akan ada penambahan seperti Ali Bagir, Kelvin Sanjaya, Aldi Izzatur Rachman dll. Rencana baru pekan depan akan dipulangkan ke klub. Mereka, kara dia, akan memperkuat klub yang bermain di playoff. Setelah itu, bulan Agustus akan dipanggil lagi.

"Untuk rencana program timnas dalam dan luar negeri masih diformulasi bersama coach Milos. Kita juga mempersiapkan regenerasi untuk timnas. Sebagai pelapis, mengingat Arki Dikania Wisnu sudah 34 tahun, Andakara Prastawa 30 tahun dan Brandon Jawato 28 tahun. Harus siapkan adik-adiknya sebagai pengganti ke depannya," kata dia.

Jeremy juga memastikan Timnas masih akan dilatih Milos Pejic. "Kita sedang bahas Milos Pejic berapa lama pegang timnas, input dari Milos sudah kita catat, akan ada penambahan maupun perubahan di semua lini," kata dia.

Adapun untuk Marques Bolden, Jeremy menyatakan, pihakny mencoba yang terbaik. Pekan depan, Marques akan dipulangkan ke Amerika Serikat. 

"Mendukung dia bisa solid di NBA. Statistik Marques di FIBA Asia 2022 salah satu yang terbaik dari rataan poin, rebound, dan blok. Apakah dia akan menjadi bagian di SEA Games maupun Asian Games tahun depan kita akan lihat jadwal sesuaikan dengan jadwal Marques,".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement