Kamis 21 Jul 2022 21:24 WIB

10 Film Horor Terbaik Sepanjang Masa Menurut Kritikus

Ulasan kritikus di laman Rotten Tomatoes merangkum 10 film horor terbaik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Film Us. Film ini dinilai sebagai salah satu film horor terbaik versi Rotten Tomatoes. (ilustrasi)
Foto: Universal Pictures
Film Us. Film ini dinilai sebagai salah satu film horor terbaik versi Rotten Tomatoes. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ulasan kritikus turut memengaruhi bagaimana sebuah film diterima oleh penikmatnya. Penonton umumnya memercayai pendapat para kritikus.

Salah satu laman ulasan film yang terjamin adalah Rotten Tomatoes, yang mengategorikan film sebagai "fresh" (segar) atau "rotten" (busuk) via Tomatometer. Menurut kritikus di Rotten Tomatoes, berikut 10 film horor terbaik yang pernah dibuat, seperti dilansir di laman Collider, Kamis (21/7/2022):

Baca Juga

1. US (2019)

photo
Film Us. - (Universal Pictures)

 

 

Menurut kritikus di Rotten Tomatoes, sutradara Jordan Peele mengarahkan film US dengan apik. US dianggap film horor terbaik yang pernah dibuat, yang berurusan dengan rasisme namun juga berhasil sebagai sinema horor dengan cerita dan akhir yang menyeramkan.

2. Get Out (2017)

photo
Film Get Out - (ist)

 

Sinema ini bisa dibilang film berlapis. Setiap lapisan memiliki sesuatu untuk dikatakan tentang stereotipe, rasisme, dan supremasi kulit putih. Film juga berhasil menakut-nakuti penonton, bahkan jadi hit dan memenangkan Piala Oscar untuk kategori skenario asli terbaik.

3. The Cabinet of Dr Caligari (1920)

photo
Film The Cabinet of Dr Caligari. - (Decla-Bioscop)

 

Kelebihan film ini yakni sukses menetapkan standar untuk deretan film horor sesudahnya. Sebuah tontonan yang menyenangkan untuk sejarah film atau bernostalgia, juga karya penting dari ekspresionisme Jerman, dan punya plot yang tidak biasa untuk sebuah film horor.

4. A Quiet Place (2018)

photo
Cuplikan foto adegan film A Quiet Place Part II yang tayang di bioskop Indonesia mulai 26 Mei 2021. - (Dok Paramount Pictures)

 

Sutradara John Krasinski mengejutkan semua orang ketika sinema arahannya enjadi hit. Ini adalah film horor efektif berkat desain suaranya yang inovatif. A Quiet Place secara manjur memanfaatkan ketakutan mengeluarkan suara untuk menghasilkan ketegangan penonton.  

5. The Invisible Man (1933) 

photo
Beberapa adegan film The Invisible Man yang akan tayang mulai hari ini, Rabu (26/2). - (Dok Blumhouse Productions)

 

The Invisible Man adalah karakter yang rumit untuk diadaptasi ke layar lebar. Versi terbaik dari filmnya adalah sinema klasik rilisan 1933. Ada sesuatu tentang suara Claude Rains dan aspek fisik dari Invisible Man yang membuat film mengemuka.

Deretan judul film horor lain yang juga dinilai terbaik yakni Nosferatu, eine Symphonie des Grauens (1922), King Kong (1933), Psycho (1960), The Bride Of Frankenstein (1935), dan The Babadook (2014).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement