Kamis 21 Jul 2022 21:01 WIB

Rayakan Hari Anak Nasional, 1001 Anak Diajak Mendongeng Bersama di Stasiun Purwokerto

Acara ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Pendongeng Kak Imung dan KAI Daop 5 Purwokerto mengundang 1001 Anak untuk mendongeng bersama dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional di Stasiun Purwokerto, Kamis (21/7/22).
Foto: KAI Daop 5 Purwokerto
Pendongeng Kak Imung dan KAI Daop 5 Purwokerto mengundang 1001 Anak untuk mendongeng bersama dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional di Stasiun Purwokerto, Kamis (21/7/22).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO--PT KAI Daop 5 Purwokerto menggelar event “Mendongeng Bersama 1001 Anak” sebagai salah satu wujud sumbangsih KAI khususnya Daop 5 Purwokerto bagi anak-anak sekaligus menyambut peringatan Hari Anak Nasional, Kamis (21/7/2022).

Menggandeng Pendongeng Kak Imung, Daop 5 mengundang 1001 anak-anak TK dan SD dari beberapa sekolah di wilayah Purwokerto, Kroya, Cilacap, Gombong, Kutowinangun, Kebumen dan Kutoarjo untuk mengikuti gelaran mendongeng tersebut.  “Kegiatan tersebut juga untuk memberikan pembelajaran agar anak-anak lebih mengenal dan memahami dunia perkeretaapian sejak usia dini,” kata Vice President Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat di Stasiun Purwokerto, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga

Menurut Daniel, acara ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. Kegiatan ini juga memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa.

Oleh karena itu, anak-anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. "Dengan edukasi ini, diharapkan bisa menambah kecintaan anak-anak sekaligus rasa turut memiliki terhadap kereta api," kata Daniel.

 

Ia menambahkan pula bahwa KAI akan terus berupaya menghadirkan layanan yang menjawab kebutuhan pelanggannya, termasuk pelanggan anak-anak di masa pandemi seperti sekarang ini, dengan menyediakan sarana transportasi yang sehat, selamat, aman dan nyaman.

"Kami tentu berharap kereta api menjadi transportasi massal yang melekat di hati anak-anak dan dicintai hingga mereka bertumbuh dewasa. Dengan demikian, mereka memiliki kenangan perjalanan yang menyenangkan bersama kereta api,” ujar Daniel.

Adapun bentuk fasilitas bagi anak-anak diantaranya menyediakan area bermain bagi anak-anak di stasiun-stasiun. Bahkan di beberapa momen seperti masa angkutan Lebaran lalu, KAI Daop 5 juga memberikan buku mewarnai dan crayon bagi anak-anak sebagai bentuk apresiasi.

Sesuai dengan tema Hari Anak Nasional tahun 2022 yang telah ditetapkan pemerintah yaitu “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” diharapkan anak-anak Indonesia bertumbuh dan berkembang menjadi anak-anak kebanggaan keluarga dan bangsa Indonesia. Selamat Hari Anak Nasional.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement