Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Uni Eropa Cabut Sanksi Maskapai Suriah Cham Wings yang Pernah Masuk Daftar Hitam

Kamis 21 Jul 2022 18:20 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi maskapai penerbangan Cham Wings. Maskapai Suriah Cham Wings pernah masuk daftar hitam pencekalan

Ilustrasi maskapai penerbangan Cham Wings. Maskapai Suriah Cham Wings pernah masuk daftar hitam pencekalan

Foto: VOA
Maskapai Suriah Cham Wings pernah masuk daftar hitam pencekalan

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS–Uni Eropa telah mencabut sanksi terhadap maskapai penerbangan Suriah Cham Wings.

Sebelumnya perusahaan milik swasta di Suriah itu masuk daftar hitam atas tuduhan membantu menyelundupkan migran ke dalam blok tersebut. 

Baca Juga

Uni Eropa memberlakukan sanksi pada Desember, menuduh maskapai ini menerbangkan orang ke Belarus sehingga mereka kemudian dapat secara tidak teratur melintasi perbatasan eksternal Uni Eropa. Tindakan yang menyebabkan krisis migrasi dan kemanusiaan. 

Maskapai ini telah masuk daftar hitam oleh Amerika Serikat, yang mengatakan rezim Suriah telah menggunakan maskapai itu untuk mengangkut militan, senjata, dan peralatan lainnya. Terutama selama konflik berkecamuk di negara itu sejak 2011. 

Keputusan Uni Eropa untuk menghapusnya dari daftar sanksi ditandatangani pada 18 Juli oleh kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell. 

"Dewan mengambil keputusan untuk menghapuskan Cham Wings, karena dianggap bahwa tindakan pembatasan membawa efek yang diinginkan sehubungan dengan entitas ini. Menurut informasi yang disampaikan kepada Dewan, Cham Wings menghentikan keterlibatannya dalam kegiatan yang terdaftar," kata juru bicara dilansir dari The New Arab, Rabu (20/7/2022).

Maskapai yang saat ini beroperasi dengan tiga pesawat ke tujuan sebagian besar di Timur Tengah, menyambut baik delisting tersebut.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Hubungan Masyarakat, Osama Satea, juga mengatakan bahwa maskapai tersebut keberatan dengan daftar hitam asli UE dan mengatakan pembalikan itu adalah "secercah harapan."

Menurutnya, keputusan itu menunjukkan Cham Wings "sepenuhnya tidak bersalah", tetapi tidak akan segera mengarah ke penerbangan ke Eropa. 

"Ini akan memungkinkan kami untuk meminta izin untuk beroperasi di beberapa bandara. Akan lebih baik dan lebih mudah setelah nama kami dicoret dari daftar (sanksi)," katanya. Alkhaledi kurnialam      

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA