Kamis 21 Jul 2022 13:35 WIB

SMA Bosowa Bina Insani  Adakan  Kegiatan MPLS "Ta`aruf" 2022

SMA BBI memberikan apresiasi kepada lima  siswa  terbaik di kelas XI dan XII.

Sebanyak lima  siswa  terbaik dan berprestasi di kelas XI dan XII SMA Bosowa Bina Insani menerima apresiasi di sela acara  Ta’aruf 2022, Senin (20/7/2022).
Foto: Dok SBBI
Sebanyak lima siswa terbaik dan berprestasi di kelas XI dan XII SMA Bosowa Bina Insani menerima apresiasi di sela acara Ta’aruf 2022, Senin (20/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- SMA Bosowa  Bina Insani Bogor mengadakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi siswa baru kelas X dengan nama lain dan format yang lebih Islami yaitu Ta’aruf 2022. Kegiatan itu  dilaksanakan selama tiga   hari, 18-20 Juli 2022.

Kepala SMA Bosoa Bina Insani Cucup Shohibul Maqomat mengatakan, Masa Ta’aruf ini diadakan agar siswa baru kelas X SMA Bosowa Bina Insani (BBI)  dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan SMA Bosowa Bina Insani, teman satu angkatannya, dan sistem pendidikan yang dikembangkan oleh SMA Bosowa Bina Insani. “Ta’aruf merupakan program kesiswaan yang dapat menjembatani proses-proses adaptasi dan pengenalan lingkungan SMA Bosowa Bina Insani,” kata Cucup Shohibul Muqomat dalam kata sambutannya saat membuka Ta’aruf 2022, Senin (18/7/2022). 

Tema yang diusung pada kegiatan Ta'aruf 2022 “Memupuk Semangat Solidaritas dan Toleransi dalam Menggapai Masa Depan Generasi SIDIC Melalui Kegiatan Ta`aruf  SMA BBI 2022”. Jumlah siswa baru kelas X yang mengikuti kegiatan Ta’aruf 2022 adalah 85 siswa. Para siswa tersebut  berasal dari internal SMP Bosowa Bina Insani  maupun SMP Negeri dan  Swasta dari dalam maupun luar wilayah Bogor.

Selain pemaparan materi utama terkait dengan Visi Misi Sekolah, Kurikulum dan Kesiswaan, panitia juga mengundang Dr Spesialis Kesehatan Jiwa dari RS Marzuki Mahdi, yakni  Dr dr Fidiansjah yang sekaligus sebagai direktur utama RS tersebut. Ia  memaparkan “Peran Kesehatan Jiwa Anak & Remaja dalam Membentuk Generasi Milenial yang Tangguh”, Selasa (19/7/2022). Di hari terakhir, Rabu (20/7/2022) panitia mengadakan sesi  motivasi dengan mengundang Motivator Senior ABCO Aris Setiawan.

Cucup Shohibul Maqomat  menambahkan, Ta’aruf 2022 juga memupuk semangat Solidaritas dan Toleransi antar siswa yang berkarakter SIDIC. “SIDIC adalah visi Bosowa School (holding Sekolah Bosowa Bina Insani), yakni mewujudkan generasi terbaik yang berkarakter Smart, Islamic, Discipline, Innovative, dan Competitive,” papar Cucup. 

photo
Motivator Senior ABCO Aris Setiawan mengisi sesi motivasi pada acara Ta’aruf SMA Bosowa Bina Insani, Rabu (20/7/2022).  (Foto: Dok SBBI)

Selain memberikan sambutan dalam pembukaan Ta’aruf 2022, Cucup juga memberikan penghargaan berupa apresiasi terhadap lima  siswa  terbaik dan berprestasi di kelas XI dan XII. Tiap-tiap siswa terbaik dan berprestasi itu menerima hadiah  Rp 1 juta. “Pada waktu-waktu mendatang, sekolah akan mengusahakan untuk menambahkan jumlah hadiah  menjadi Rp  2 juta  untuk setiap siswa terbaik yang terpilih,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (20/7/2022).

Mengusung tema terkait “Peran Kesehatan Jiwa Anak & Remaja dalam Membentuk Generasi Milenial yang Tangguh”, Dr  dr Fidiansjah dalam pemaparan materinya menegaskan akan pentingnya kiat-kiat mewujudkan SDM TOP yang berkualitas. Salah satunya adalah mampu mengatasi dan tidak ikut-ikutan dengan berbagai fenomena sosial yang cenderung negatif seperti budaya LGBT, seks bebas dan lain-lain. “Karena itu,  yang paling dibutuhkan setiap orang adalah memiliki iman atau keyakinan yang kuat,” tegasnya.

Sementara itu Motivator Senior ABCO Aris Setiawan dalam pemaparan materi motivasinya di hari ketiga Ta'aruf menyampaikan terkait peran pentingnya karakter atau sikap dalam mewujudkan kesuksesan hidup. “Riset Havard University menunjukkan kunci kesuksesan seseorang ternyata 80 persen  ditentukan oleh sikap atau karakter.  “Sedangkan faktor pengetahuan  dan  keterampilan masing-masing hanya berkontribusi  10 persen,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement