Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Rishi Sunak Janjikan Inggris Mandiri Energi 2045

Rabu 20 Jul 2022 20:57 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani

Kepala Keuangan Inggris Rishi Sunak berbicara pada peluncuran kampanyenya untuk menjadi pemimpin Partai Konservatif dan Perdana Menteri, di Queen Elizabeth II Centre di London, Selasa 12 Juli 2022.

Kepala Keuangan Inggris Rishi Sunak berbicara pada peluncuran kampanyenya untuk menjadi pemimpin Partai Konservatif dan Perdana Menteri, di Queen Elizabeth II Centre di London, Selasa 12 Juli 2022.

Foto: AP/Stefan Rousseau
Rishi Sunak mengatakan ingin Inggris mandiri energi pada tahun 2045.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Salah satu kandidat calon perdana menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan ingin Inggris mandiri energi pada tahun 2045. Keinginan ini sebagai respon guncangan pasokan energi yang disebabkan invasi Rusia ke Ukraina.

"Tidak pernah lebih penting bagi negara kami untuk meraih Kemerdekaan Energi, sehingga kami tidak lagi tergantung pada volatilitas pasokan energi dunia," kata Sunak dalam pernyataannya, Rabu (20/7/2022).

Ia mengatakan akan memastikannya dengan undang-undang dan implementasinya akan diawasi departemen pemerintah yang baru yang fokus pada energi. Sunak juga mengatakan ia tidak akan melonggarkan larangan ladang angin di Inggris.

Keputusan Sunak mengundurkan diri sebagai menteri keuangan membantu ambruknya pemerintahan Boris Johnson yang dipenuhi dengan skandal. Saat ini ia kandidat unggulan di antara anggota parlemen Partai Konservatif.

Anggota parlemen dari Partai Konservatif akan memilih siapa yang akan menjadi dua kandidat terakhir calon perdana menteri. Menteri Luar Negeri Liz Truss bersaing dan Menteri Perdagangan Muda Penny Mordaunt memperebutkan posisi melawan Sunak.  

 

Para anggota parlemen Partai Konservatif akan memberikan suara pada Rabu (20/7) pukul 16:00 waktu setempat. Dua kandidat terakhir akan memperebutkan 200 ribu suara anggota Partai Konservatif.

sumber : Reuters
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA