Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Gibran Izinkan UMKM Gunakan Logo APG tanpa Biaya Lisensi

Rabu 20 Jul 2022 16:50 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming

Foto: Muhammad Noor Alfian
Pelaku UMKM bisa ikut meramaikan gelaran APG dengan menciptakan berbagai produk.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Ketua Pelaksana Indonesia National Paralympic Organization Comittee (Inaspoc) Gibran Rakabuming Raka mengizinkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menggunakan logo ASEAN Para Games (APG) 2022 tanpa dikenai biaya lisensi. "UKM bisa memakai produk kami, logo kami, gratis," kata Wali Kota Surakarta itu di Solo, Rabu (20/7/2022).

Oleh karena itu, dia mengatakan, pelaku UMKM bisa ikut meramaikan gelaran APG dengan menciptakan produk bergambar logo APG 2022. "Karena tidak berlisensi silakan dimanfaatkan," katanya.

Baca Juga

Ada dua desain yang digunakan dalam APG 2022, yakni untuk desain logo ada bergambar gunungan dan keris. Sedangkan maskotnya menggunakan ikon Rajamala.

"Itu salah satu ikon kami juga, filosofinya bagus untuk tolak bala. Ya biar acaranya sukses, acaranya kan di tengah pandemi," katanya.

Dengan kelonggaran itu, ia berharap semarak APG 2022 benar-benar bisa dirasakan manfaatnya untuk warga. Oleh karena itu, berbagai upaya promosinya pun digenjot dengan maksimal agar ajang tersebut jadi salah satu event unggulan yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Solo.

Selain mendorong penjualan UMKM melalui kebijakan gratis lisensi, pihaknya juga akan melibatkan sejumlah UMKM agar memproduksi souvenir untuk para atlet APG 2022. "Ada banyak UMKM (yang dilibatkan), untuk merchandis-nya salah satunya ada Rajamala berbentuk wayang kulit dan batik," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA