Rabu 20 Jul 2022 12:19 WIB

Ilmuwan Ungkap Air Tanah Tertua di Bumi, Usianya Miliaran Tahun!

Air tertua di Bumi mungkin berada di tambang Afrika Selatan.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Air (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Air (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan menemukan air tanah di Afrika yang diperkirakan berumur 1,2 miliar tahun. Menurut para peneliti, ini merupakan salah satu air tanah tertua di planet ini.

Interaksi kimianya dengan batuan di dekatnya dapat mengungkapkan informasi baru tentang penciptaan dan penyimpanan energi di kerak bumi. Lokasi penemuan tersebut telah dijuluki sebagai "Kotak Pandora dari tenaga penghasil helium dan hidrogen" oleh Oliver Warr, rekan peneliti di departemen ilmu Bumi di University of Toronto di Kanada dan penulis utama studi tersebut.

Baca Juga

Menurut penelitian, air tanah Afrika Selatan juga diperkaya dengan konsentrasi terbesar produk radiogenik, unsur  yang diciptakan oleh radioaktivitas, namun terlihat dalam cairan. Ini menunjukkan bahwa lokasi air tanah purba suatu hari nanti mungkin berfungsi sebagai sumber energi.

Tambang emas dan uranium Moab Khotsong terletak sekitar 161 km barat daya Johannesburg. Lokasi ini memiliki salah satu poros tambang terdalam di dunia, yang diperkirakan memiliki kedalaman maksimum 3 km di bawah permukaannya.

Temuan terakhir dari air tanah berusia sekitar 1,8 miliar tahun dibuat selama kunjungan penelitian pada tahun 2013. Penemuan itu dilakukan di Tambang Kidd Creek di Ontario, yang terletak di bawah Canadian Shield, sebuah formasi geologis yang terdiri dari batuan beku dan metamorf yang berasal dari Supereon Prakambrium (4,5 miliar hingga 541 juta tahun yang lalu). 

Dalam sebuah posting blog pada tanggal 5 Juli, Warr menyebut 3 juta mil persegi (hampir 8 juta km persegi) Canadian Shield sebagai "hidrogeosfer rahasia", atau kelebihan hidrogen.

"Salah satu bagian paling menarik tentang ini penemuan baru adalah bahwa pada awalnya kami mengira air tanah di Kidd Creek adalah outlier," kata Warr. 

"Tapi sekarang kami memiliki situs baru yang terletak di suatu tempat yang berbeda dengan sejarah geologi yang sama sekali berbeda yang juga menyimpan cairan pada skala waktu miliaran tahun. Sepertinya ini adalah fitur dari lingkungan ini, yang mewakili sekitar 72 persen dari total benua. kerak berdasarkan luas permukaan," jelasnya.

 

Menurut Warr, cara batuan melepaskan air tanah ini dengan usia satu miliar tahun sebanding dengan bagaimana cairan bocor dari balon air.

"Tambang dalam ini adalah lokasi yang sempurna untuk apa yang kami lakukan. Sebagai peneliti, kami tidak punya waktu atau uang untuk membuat lubang di tanah, tapi itulah yang dilakukan tambang. Ketika mereka mengebor lubang, air yang telah terperangkap di dalam batu mulai menyembur keluar seperti menusuk balon air dan kami dapat menangkapnya,” katanya.

Ketika Warr dan kelompok peneliti internasionalnya menyelidiki sampel yang mereka ambil di Moab Khotsong, mereka menemukan bahwa air di sana memiliki karakteristik yang mirip dengan air di Kidd Creek.

"Dalam pengaturan yang dalam ini, air tertahan di celah-celah batu dan, seiring waktu, mereka berinteraksi, menghasilkan uranium, yang kemudian meluruh selama jutaan, dan bahkan miliaran, tahun, menciptakan gas mulia," kata Warr. 

Para peneliti dapat menentukan jumlah gas mulia ini dan berapa lama mereka ada di batu dengan mengamati bagaimana mereka terbentuk di dalam air. Sekitar delapan kali lebih banyak garam daripada air laut ditemukan dalam sampel, yang juga mencatat adanya uranium, helium radiogenik, neon, argon, xenon, dan kripton. 

Helium dan hidrogen, keduanya merupakan sumber energi yang cukup banyak ditemukan. Menurut penelitian, penemuan ini memberikan gambaran sekilas tentang difusi helium yang sebelumnya tidak diketahui dari dalam planet. Ini adalah sebuah proses penting untuk direnungkan karena kita terus mengalami kelangkaan helium, dan mungkin juga memberikan bukti untuk produksi energi di bawah permukaan dunia lain.

"Selama ada air dan batu, Anda akan melihat produksi helium dan hidrogen dan itu tidak berarti ini harus terjadi hanya di Bumi," kata Warr. 

"Jika ada air di bawah permukaan Mars atau planet berbatu lainnya, helium dan hidrogen juga dapat dihasilkan di sana, yang mengarah ke sumber energi lain," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement