Rabu 20 Jul 2022 10:15 WIB

Pakar: Pangan Hewani Bisa Bantu Cegah Obesitas dan Gizi Buruk

Asupan pangan hewani dapat mendukung pertumbuhan dan mencegah obesitas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Makanan mengandung protein hewani (Ilustrasi). Selain mendukung pertumbuhan, pangan hewani juga bisa mencegah obesitas.
Foto: Netdoctor
Makanan mengandung protein hewani (Ilustrasi). Selain mendukung pertumbuhan, pangan hewani juga bisa mencegah obesitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pakar nutrisi yang juga merupakan Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Ahmad Syafiq, menjelaskan ada dua masalah utama dalam kesehatan global, yakni gizi buruk dan obesitas. Kondisi itu juga dialami anak Indonesia dan mengancam kualitas generasi mendatang.

Gizi buruk, menurut Ahmad, dapat berdampak pada tiga kondisi, yakni stunting (tubuh pendek), wasting (tubuh kurus), dan obesitas. Pemenuhan gizi yang belum tercukupi--baik sejak dalam kandungan hingga bayi lahir--dapat menjadi pemicunya.

Baca Juga

Ahmad menjelaskan protein hewani merupakan salah satu sumber pangan terpenting untuk pertumbuhan. Sebab, pangan hewani lebih mudah diserap tubuh dan memberikan segudang manfaat.

"Selain mendukung pertumbuhan, pangan hewani juga bisa mencegah obesitas," kata Ahmad dalam acara #MelajuKuatBersama Ibu PKK yang digelar Frisian Flag, Selasa (19/7/2022).

 

Hal tersebut merupakan temuan terbaru Keyhan Lotfi dan rekan peneliti lainnya yang terbit di jurnal Nature pada Juni 2022 bahwa konsumsi hewani menurunkan obesitas yang secara metabolik tidak sehat (MUO). Pangan hewani mengandung padat gizi makro dan mikro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement